Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Pemasaran Kuliner Lokal Pasar Jaten Alian di Masa Pasca Pandemi Sebagai Pengembangan Daya Tarik Wisata Daerah Kebumen

RAMADHAN, Abbi Tidar (2023) Strategi Pemasaran Kuliner Lokal Pasar Jaten Alian di Masa Pasca Pandemi Sebagai Pengembangan Daya Tarik Wisata Daerah Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Abbi Tidar Ramadhan-C1B016036-Skripsi-2023.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Abbi Tidar Ramadhan-C1B016036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Abbi Tidar Ramadhan-C1B016036-Skripsi-2023.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Abbi Tidar Ramadhan-C1B016036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2024.

Download (466kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Abbi Tidar Ramadhan-C1B016036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2024.

Download (537kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Abbi Tidar Ramadhan-C1B016036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2024.

Download (607kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Abbi Tidar Ramadhan-C1B016036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Abbi Tidar Ramadhan-C1B016036-Skripsi-2023.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Abbi Tidar Ramadhan-C1B016036-Skripsi-2023.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Abbi Tidar Ramadhan-C1B016036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini tentang wisata kuliner lokal di Pasar Jaten Alian di masa pasca pandemi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pemasaran kuliner lokal Pasar Jaten Alian di masa pasca pandemi sebagai pengembangan daya tarik wisata daerah Kebumen. Metode penelitian menggunakan jenis kualitatif studi kasus, pengambilan subjek berjumlah 6 informan dipilih dengan cara snowball sampling, analisis SWOT menunjukkan objektivitas yang diambil dari validasi triangulasi metode melalui wawancara-indepht interview, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan bantuan aplikasi Nvivo Release 10. Hasil perhitungan analisis, kekuatan= 3,41; kelemahan= -2,77; peluang=2,25; ancaman= -1,33. Pada peta strategi SWOT, kekuatan= 54,50%; kelemahan= 30,40%; peluang= 4,7%; ancaman= 10,30%. Pilihan strategi pada matriks analisis SWOT berupa S-O (kekuatan-peluang), yaitu motivasi pedagang yang berjualan di Pasar Jaten Alian, renstra Disporawisata, pendampingan manajemen dari PemDa Kabupaten Kebumen, dan mitra/kerjasama lainnya dapat dimanfaatkan untuk lebih menggeliatkan strategi pemasaran kuliner lokal Pasar Jaten Alian. Semakin populernya Pasar jaten Alien sampai ke luar Kabupaten Kebumen dijadikan sebagai pengembangan daya tarik wisata Daerah Kebumen meliputi tahapan menyadari, tertarik, bertanya, dan menganjurkan. Tahapan tersebut mengandung bauran pemasaran. Implikasi berdasarkan kesimpulan yang telah disusun, yaitu pengelola Pasar Jaten Alian berusaha senantiasa responsif terhadap hal-hal yang tidak terduga yang pelaksanaannya secara kondisional, konsisten dan keberlanjutan baik secara internal maupun eksternal seperti mitra/kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam merumuskan, memproses, dan menjalankan strategi pemasaran kuliner lokal Pasar Jaten Alian pada masa pasca pandemi sebagai daya tarik wisata Daerah Kebumen, untuk jangka pendek dan jangka panjang sehingga tercipta efektifitas dan efisien. Penelitian lanjutan yang perlu dilakukan adalah mencari, menggali, mengetahui dan menganalisis proses strategi pemasaran dari konsumen/wisatawan (pengunjung) secara langsung. Pemenuhan kompleksitas keilmuan pada metode penelitian perlu dilakukan melalui penelitian kuantitatif, dan penelitian metode campuran (kualitatif-kuantitatif). Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pasca Pandemi, Covid-19, Kuliner Lokal, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23264
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pasca Pandemi, Covid-19, Kuliner Lokal, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia
Subjects: C > C1009 Cultural tourism
M > M80 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr. RAMADHAN Abbi Tidar
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:05
Last Modified: 03 Jul 2023 02:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21758

Actions (login required)

View Item View Item