IRWANTO, Irwanto (2023) Pengaruh Patient Experience, Tingkat Kepercayaan Pasien dan Hospital Image Terhadap Kepuasan Layanan (Studi Pada Pasien BPJS di Rumah Sakit Jasa Kartini di Tasikmalaya). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Irwanto-C2C021011-Tesis-2023.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Irwanto-C2C021011-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Irwanto-C2C021011-Tesis-2023.pdf Download (259kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Irwanto-C2C021011-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Irwanto-C2C021011-Tesis-2023.pdf Restricted to Registered users only until 28 July 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Irwanto-C2C021011-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Irwanto-C2C021011-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Irwanto-C2C021011-Tesis-2023.pdf Download (450kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Irwanto-C2C021011-Tesis-2023.pdf Download (736kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Irwanto-C2C021011-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Irwanto. Program Pasca Sarjana Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Pengaruh Patient Experience, Tingkat Kepercayaan Pasien, Dan Hospital Image Terhadap Kepuasan Layanan (Studi Pada Pasien BPJS di Rumah Sakit Jasa Kartini di Tasikmalaya). Pembimbing Utama: Dr. Refius Pradipta Setyanto, SE, M.Si.; Pembimbing Kedua: Dr. dr. Lantip Rujito. M.Si. Med.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh patient experience, tingkat kepercayaan pasien, dan hospital image terhadap kepuasan layanan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Metode pengambilan sampel menggunakan insidental. Diperoleh sampel yang berpartisipasi dalam penelitian sebanyak 107 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah partial least square dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa patient experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien JKN di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya. Tingkat kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien JKN di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya. Terdapat pengaruh positif dan signifikan hospital image terhadap kepuasan pasien JKN di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya. Implikasi penelitian ini yaitu (1) kepuasan pada pasien dapat ditingkatkan dengan memperhatikan kondisi lingkungan dalam rumah sakit terkait ruang perawatan. Mempertahankan kebersihan ruang perawatan pasien merupakan komponen penting dalam menjaga standar keamanan. Hal ini diperlukan untuk mendukung proses penyembuhan dan perawatan pasien selama masa perawatan. Sebagai perawat, sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dalam ruang perawatan pasien. Selain itu, untuk mempertahankan kebersihan, diperlukan kesadaran dari semua individu yang berada di ruang perawatan. Budaya kebersihan dapat diterapkan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan dan kerapihan barang-barang, membatasi barang bawaan pasien dan keluarga, serta membatasi jumlah pengunjung; (2) kepercayaan pada pasien akan meningkat jika manajemen rumah Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya mampu meningkatkan kepercayaan atas pelayanan yang dirasakan pasien. Kepercayaan akan meningkat jika rumah sakit mampu memberikan klaim layanan sesuai dengan kelas perawatan pasien. Untuk itu pihak manajemen rumah harus memberikan informasi yang jelas terkait biaya kelas perawatan apabila naik kelas atau ada penambahan biaya yang tidak tercover (3) kepuasan akan meningkat jika manajemen rumah sakit mampu menanamkan image yang baik pada pasien. Hal yang bisa dilakukan antara lain dengan memberikan jaminan kerahasiaan rekam medis pasien, memberikan informasi secara terbuka kepada pasien terkait sakit yang diderita.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P223160 |
Uncontrolled Keywords: | patient experience, tingkat kepercayaan, hospital image, kepuasan pasien |
Subjects: | H > H56 Health insurance J > J56 Job satisfaction P > P103 Patients |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mr Irwanto Irwanto |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 03:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 03:00 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22094 |
Actions (login required)
View Item |