LARASATI, Intan Ayu (2023) Analisi Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kutamendala Pascapandemi Covid-19 Tahun 2023. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER- INTAN AYU LARASATI-C2C021065-TESIS-2023.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS- INTAN AYU LARASATI-C2C021065-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK- INTAN AYU LARASATI-C2C021065-TESIS-2023.pdf Download (35kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I- INTAN AYU LARASATI-C2C021065-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II- INTAN AYU LARASATI-C2C021065-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III- INTAN AYU LARASATI-C2C021065-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV- INTAN AYU LARASATI-C2C021065-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V- INTAN AYU LARASATI-C2C021065-TESIS-2023.pdf Download (39kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- INTAN AYU LARASATI-C2C021065-TESIS-2023.pdf Download (209kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN- INTAN AYU LARASATI-C2C021065-TESIS-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 tidak hanya mempengaruhi aspek kehidupan sosial dan ekonomi tetapi juga berpengaruh kepada semua fasilitas medis di seluruh dunia, tidak berbeda dengan di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. Kasus terkonfirmasi Covid-19 menjadikan adanya perubahan sistem pelayanan, yang mengakibatkan adanya ketidakpuasan pasien dalam sistem pelayanan selama pandemi Covid-19 baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama maupun Kesehatan Tingkat Lanjut. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kutamendala Kabupaten Brebes Pasca pandemi pada bulan April hingga Mei tahun 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi sistem pelayanan kesehatan pasca pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yang dilihat dari Tangible (bukti fisik), Empathy (Empati), Reliability (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan), dan Assurance (Jaminan) berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kutamendala pascapandemi Covid-19 tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda dan analisis deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan Puskesmas Kutamendala Kabupaten Brebes tahun 2023 dengan total 19.000 pasien. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik Incidental/accidental sample dan responden pada penelitian ini berjumlah 100 sampel yang didapatkan dari rumus slovin. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa karakteristik pasien rawat jalan Puskesmas Kutamendala didominasi oleh perempuan, dengan pekerjaan mayoritas sebagai ibu rumah tangga, dan pendidikan terakhir merupakan tamatan SMA serta sebagian besar melakukan kunjungan ke puskesmas lebih dari dua kali. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda pada masing-masing variabel mutu pelayanan kesehatan yang terdiri dari Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness dan Assurance berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan Puskesmas Kutamendala. Faktor yang dominan mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan Puskesmas Kutamendala didominasi oleh variabel Empathy dan Responsiveness.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P223162 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Regresi Linier Berganda |
Subjects: | C > C1020 Customer services |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mrs INTAN AYU LARASATI |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 03:35 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 03:36 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22132 |
Actions (login required)
View Item |