Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Citra Polres Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Rasa Percaya Masyarakat (Studi Pada Polres Purworejo)

ANGGORO, Aldino Agus (2023) Pengaruh Citra Polres Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Rasa Percaya Masyarakat (Studi Pada Polres Purworejo). Masters thesis, Universitas jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
cover.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (572kB)
[img] PDF (Legalitas)
legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
bab i.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] PDF (Bab II)
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] PDF (Bab III)
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] PDF (Bab V)
bab v.pdf

Download (578kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (730kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk mengetahui pengaruh dari citra Polres dan kualitas pelayanan terhadap pada kepuasan masyarakat melalui rasa percaya masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang datang untuk melakukan pelayanan di Polres Purworejo dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Jenis pelayanan yang ada di Polres Purworejo adalah: Pengaduan, Pelayanan SIM, Pelayanan STNK, Pelayanan BPKB dan Pelayanan SKCK. Metode sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah responden 180 orang dan menggunakan metode survey dalam pengambilan datanya. Penentuan responden didasarkan pada kriteria: 1) Masyarakat yang melakukan pelayanan di Polres Purworejo, baik pelayanan SIM, pelayanan STNK, pelayanan BPKB, Pengaduan dan SKCK, b) Telah berusia lebih dari 17 tahun, dan 3) Melakukan pelayanan di Polres Purworejo kurun waktu 3 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis) untuk menguji hubungan antar variabel bebas terhadap variabel terikat dan uji sobel untuk menganalisis variabel mediasinya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan: 1) Citra Polres berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat, 2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat, 3) Rasa percaya masyarakat memediasi pengaruh citra Polres terhadap kepuasan masyarakat, dan 4) Rasa percaya masyarakat memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Implikasi dari kesimpulan penelitian yang pertama adalah Polres Purworejo diharapkan supaya menjaga atau mengoptimalkan citra Polres yang telah ada. Kemudian, Polres Purworejo diharapkan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas pelayanan, terutama cepat tanggap (fast response) dan keramahan yang sudah diterapkan. Ketiga, Polres Purworejo diharapkan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan rasa percaya masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223170
Uncontrolled Keywords: Citra Polres, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Rasa Percaya Masyarakat, Mediasi
Subjects: C > C432 Civil service
J > J56 Job satisfaction
P > P381 Police
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mr ALDINO AGUS ANGGORO
Date Deposited: 03 Aug 2023 09:01
Last Modified: 05 Dec 2023 02:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22260

Actions (login required)

View Item View Item