SANTOSO, Kurnia Akbar (2023) A Narrative Inquiry on Pre-Service English Teachers' Experiences and Perceptions of Their Pedagogical Knowledge in the Praxis of Teaching English to D3 Livestock Farming Students. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Kurnia Akbar Santoso-J1E019030-Skripsi-2023.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Kurnia Akbar Santoso-J1E019030-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Kurnia Akbar Santoso-J1E019030-Skripsi-2023.pdf Download (198kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Kurnia Akbar Santoso-J1E019030-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Kurnia Akbar Santoso-J1E019030-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Kurnia Akbar Santoso-J1E019030-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Kurnia Akbar Santoso-J1E019030-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Kurnia Akbar Santoso-J1E019030-Skripsi-2023.pdf Download (138kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Kurnia Akbar Santoso-J1E019030-Skripsi-2023.pdf Download (259kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Kurnia Akbar Santoso-J1E019030-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mencoba untuk menginvestigasi pengalaman dan persepsi calon guru bahasa Inggris mengenai pengetahuan pedagogik dalam praksis mengajar bahasa Inggris kepada mahasiswa D3. Motif dalam pelaksanaan penelitian ini adalah bahwa calon guru bahasa Inggris dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2019, mengalami beberapa fenomena dalam studi mereka yang mengakibatkan mereka tidak mendapat pengalaman belajar mengenai pengetahuan pedagogik yang sistematis. Situasi tersebut menyebabkan pengetahuan pedagogik mereka dipertanyakan. Meski demikian, mereka ditugaskan untuk mengajar mahasiswa D3 sebagai asisten dosen. Tentu, hal ini memerlukan investigasi untuk menguak cara mereka mengaplikasikan pengetahuan pedagogik mereka, persepsi mereka terhadap pengetahuan pedagogik mereka, serta dampak dari praksis mengajar tersebut terhadap pengetahuan pedagogik mereka. Menggunakan inkuiri naratif, yang mana merupakan metode kualitatif, penelitian ini berusaha menyelam ke dalam pengalaman dan persepsi terhadap pengetahuan pedagogik mereka dalam praksis mengajar. Serangkaian wawancara mendalam dilaksanakan untuk menggali cerita dari tiga partisipan. Dokumen-dokumen dikumpulkan untuk melengkapi temuan dari wawancara. Analisis tematik yang dilakukan untuk menganalisis temuan data menghasilkan beberapa tema (1) Merencanakan praktik mengajar, (2) Melaksanakan praktik mengajar, (3) Melaksanakan asesmen pembelajaran, (4) Persepsi kesulitan dalam mengakusisi dan menerapkan pengetahuan pedagogik, (5) Persepsi sumber pengetahuan pedagogik, dan (6) Perkembangan pengetahuan pedagogik. Temuan dari penelitian ini mengidikasikan bahwa partisipan memiliki pengetahuan pedagogik yang luas secara kualitatif. Persepsi mencakup pengalaman belajar pengetahuan pedagogik, kesulitan mengakusisi dan menerapkan pengetahuan pedagogik, dan dampak dari praksis mengajar. Partisipan disarankan tetap terlibat dalam aktivitas yang memperkaya pengetahuan pedagogik mereka. Prodi mengevaluasi kurikulum dan kebijaknnya. Riset kelanjutan secara kuantiatif dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J23106 |
Uncontrolled Keywords: | Experiences, Pedagogical knowledge, Perceptions, Pre-service English teachers, Teaching English |
Subjects: | T > T41 Teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Kurnia Akbar Santoso |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 05:00 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 05:00 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22311 |
Actions (login required)
View Item |