PRATAMA, Danung Yuda (2023) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Frekuensi Menonton Iklan Televisi terhadap Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023-1.pdf Download (218kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023-1.pdf Download (273kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023-1.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2024. Download (290kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2024. Download (304kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2024. Download (309kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf Download (199kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf Download (260kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
Abstract
Status sosial ekonomi adalah pengelompokkan orang-orang berdasarkan kesamaan karakteristik pekerjaan, pendidikan dan ekonomi. Iklan merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk mempengaruhi konsumen terhadap suatu produk. Siswa sekolah dasar merupakan anak- anak yang lebih mudah terpengaruh perilaku konsumtif karena masih mempunyai kemampuan kognitif yang kurang dibandingkan remaja atau orang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan frekuensi menonton iklan televisi terhadap perilaku konsumtif anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 62 Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Banteran dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Random Sampling. Metode analisis data dengan metode Uji Persyaratan Analisis, Uji Korelasi Rank Spearman, serta Analisis Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Status Sosial Ekonomi Orang tua berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar yang dibuktikan dengan thitung (5,859) ≥ ttabel (1,671) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,275. (2) Frekuensi Menonton Iklan Televisi berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar yang dibuktikan dengan thitung (2,743) ≥ (1,671) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,398. (3) Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Frekuensi Menonton Iklan Televisi berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar yang dibuktikan dari perolehan Fhitung (43,857) ≥ Ftabel (3,15).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23342 |
Uncontrolled Keywords: | Sosial Ekonomi, Iklan, Konsumerisme |
Subjects: | T > T95 Television advertising |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mr. PRATAMA Danung Yuda |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 08:24 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 08:24 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22851 |
Actions (login required)
View Item |