Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Frekuensi Menonton Iklan Televisi terhadap Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar

PRATAMA, Danung Yuda (2023) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Frekuensi Menonton Iklan Televisi terhadap Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023-1.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023-1.pdf

Download (273kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023-1.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (290kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (304kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 August 2024.

Download (309kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf

Download (260kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Danung Yuda Pratama-F1A019102-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)

Abstract

Status sosial ekonomi adalah pengelompokkan orang-orang berdasarkan kesamaan karakteristik pekerjaan, pendidikan dan ekonomi. Iklan merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk mempengaruhi konsumen terhadap suatu produk. Siswa sekolah dasar merupakan anak- anak yang lebih mudah terpengaruh perilaku konsumtif karena masih mempunyai kemampuan kognitif yang kurang dibandingkan remaja atau orang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan frekuensi menonton iklan televisi terhadap perilaku konsumtif anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 62 Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Banteran dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Random Sampling. Metode analisis data dengan metode Uji Persyaratan Analisis, Uji Korelasi Rank Spearman, serta Analisis Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Status Sosial Ekonomi Orang tua berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar yang dibuktikan dengan thitung (5,859) ≥ ttabel (1,671) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,275. (2) Frekuensi Menonton Iklan Televisi berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar yang dibuktikan dengan thitung (2,743) ≥ (1,671) dan nilai koefisien regresi sebesar 0,398. (3) Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Frekuensi Menonton Iklan Televisi berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif Anak Sekolah Dasar yang dibuktikan dari perolehan Fhitung (43,857) ≥ Ftabel (3,15).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23342
Uncontrolled Keywords: Sosial Ekonomi, Iklan, Konsumerisme
Subjects: T > T95 Television advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mr. PRATAMA Danung Yuda
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:24
Last Modified: 21 Aug 2023 08:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22851

Actions (login required)

View Item View Item