YORINDASARI, Sekar (2023) Peran Mediasi Sikap terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Webrooming (Studi pada Konsumen Webrooming di Purwokerto). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-SEKAR YORINDASARI-C2C021035-Tesis-2023.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-SEKAR YORINDASARI-C2C021035-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-SEKAR YORINDASARI-C2C021035-Tesis-2023.pdf Download (101kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-SEKAR YORINDASARI-C2C021035-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2024. Download (124kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-SEKAR YORINDASARI-C2C021035-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2024. Download (320kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-SEKAR YORINDASARI-C2C021035-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 21 August 2024. Download (340kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-SEKAR YORINDASARI-C2C021035-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-SEKAR YORINDASARI-C2C021035-Tesis-2023.pdf Download (177kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-SEKAR YORINDASARI-C2C021035-Tesis-2023.pdf Download (247kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-SEKAR YORINDASARI-C2C021035-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian survey pada konsumen webrooming di kota Purwokerto. Dengan menggunakan Theory of Planned Behaviormenawarkan landasan yang layak untuk memahami apa yang mendorong konsumen untuk terlebih dahulu melakukan kunjungan yang disengaja ke toko online sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur variabel Kebutuhan akan sentuhan, Manfaat yang dirasakan dari ulasan online, dan Persepsi Risiko Online menggunakan variabel sikap terhadap webrooming sebagai mediasi. Teknik pengambilan data metode purposive sampling dengan jumlah 434 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SEM-AMOS, menunjukkan bahwa: (1) Kebutuhan akan sentuhan tidak berpengaruh secara langsung terhadap niat webrooming, (2) Manfaat yang dirasakan dari ulasan online tidak berpengaruh secara langsung terhadap niat webrooming, (3) Persepsi Risiko Online berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap niat webrooming, (4) Sikap terhadap webrooming berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap niat webrooming, (5) Kebutuhan akan sentuhan tidak berpengaruh terhadap sikap, (6) Manfaat yang dirasakan dari ulasan online berpengaruh terhadap sikap, (7) Persepsi Risiko Online berpengaruh terhadap sikap, (8) Sikap tidak memediasi pengaruh dari kebutuhan akan sentuhan terhadap niat webrooming, (9) Sikap memediasi pengaruh manfaat yang dirasakan dari ulasan online terhadap niat webrooming, (10) Sikap memediasi pengaruh dari persepsi risiko online terhadap niat webrooming, (11) Niat webrooming berpengaruh secara langsung terhadap perilaku webrooming. Penelitian yang dilakukan merupakan salah satu studi rintisan untuk mendekati perilaku webrooming melalui penerapan dan perluasan Theory of Planned Behavior. Penelitian ini memodifikasi model teori dengan menjadikan variabel sikap sebagai mediasi. Temuan penelitian dapat dimanfaatkan oleh pengecer online untuk merancang strategi untuk mendorong perilaku webrooming melakukan pembelian online. Kunjungan ke toko online untuk merujuk pada ulasan memberikan peluang kepada toko online untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli. Toko juga harus menggunakan taktik promosi penjualan untuk mendorong konsumen membeli secara online, saat konsumen membaca ulasan. Untuk mengatasi hal ini, toko online dapat menawarkan kepada pelanggan video tiga dimensi dan lebih khusus lagi video audio-visual pada produk yang akan membantu untuk mendiagnosis produk. Penelitian masa depan perlu menambahkan jenis produk sebagai variabel yang diukur sehingga dapat menjelaskan perilaku webrooming lebih baik. Keterbatasan selanjutnya yaitu hasil uji normalitas yang menunjukkan data tidak terdistribusi secara normal dan uji kesesuaian model yang menunjukkan beberapa kriteria tidak menunjukkan model fit, penelitian selanjutnya dapat lebih memperhatikan komponen ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P223199 |
Uncontrolled Keywords: | Kebutuhan akan sentuhan, Manfaat yang dirasakan dari ulasan online, Persepsi risiko online, Sikap, Niat Webrooming, Perilaku webrooming |
Subjects: | E > E167 Electronic commerce P > P668 Purchasing |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mrs. YORINDASARI Sekar |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 08:51 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 04:04 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22874 |
Actions (login required)
View Item |