Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 2 Purwokerto Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis

RATMONO, Andrian Juli (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 2 Purwokerto Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Andrian Juli Ratmono-C1L019021-Skripsi-2023.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Andrian Juli Ratmono-C1L019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Andrian Juli Ratmono-C1L019021-Skripsi-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Andrian Juli Ratmono-C1L019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (136kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Andrian Juli Ratmono-C1L019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (186kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Andrian Juli Ratmono-C1L019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2024.

Download (195kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Andrian Juli Ratmono-C1L019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Andrian Juli Ratmono-C1L019021-Skripsi-2023.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Andrian Juli Ratmono-C1L019021-Skripsi-2023.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Andrian Juli Ratmono-C1L019021-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilakukan terhadap siswa di SMA Negeri 2 Purwokerto. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata siswa kelas XII IPS 2 dan Bahasa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 2 Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design yang pada prosesnya menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 73 responden yang merupakan jumlah siswa kelas XII IPS 2 dan XII Bahasa di SMA Negeri 2 Purwokerto. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini diambil dari keseluruhan jumlah populasi dari kelas XII IPS 2 dan XII Bahasa. Kedua kelas akan diuji dengan menggunakan instrumen dalam berbentuk kuesioner kemampuan berpikir kritis sebanyak 18 soal dan pilihan ganda sebanyak 20 butir pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Ketiga, terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Keempat, terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kelima, terdapat pengaruh positif dari kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Purwokerto. Implikasi penelitian ini adalah siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat menciptakan keterlibatan aktif dan pembelajaran yang mudah dipahami. Guru dan sekolah dapat mempertimbangkan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together sebagai salah satu bagian dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan menciptakan sikap kritis dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23401
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Andrian Juli Ratmono
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:39
Last Modified: 25 Aug 2023 06:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23204

Actions (login required)

View Item View Item