Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Profesionalisme dan Responsivitas Pegawai Terhadap Kinerja Pelayanan Penanganan Pengaduan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang

NASOKA, Muhamad Naufal Putra (2023) Pengaruh Profesionalisme dan Responsivitas Pegawai Terhadap Kinerja Pelayanan Penanganan Pengaduan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Muhamad Naufal Putra Nasoka-F1B019070-Skripsi-2023.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhamad Naufal Putra Nasoka-F1B019070-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhamad Naufal Putra Nasoka-F1B019070-Skripsi-2023.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Muhamad Naufal Putra Nasoka-F1B019070-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (172kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Muhamad Naufal Putra Nasoka-F1B019070-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (242kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Muhamad Naufal Putra Nasoka-F1B019070-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (314kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Muhamad Naufal Putra Nasoka-F1B019070-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Muhamad Naufal Putra Nasoka-F1B019070-Skripsi-2023.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhamad Naufal Putra Nasoka-F1B019070-Skripsi-2023.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhamad Naufal Putra Nasoka-F1B019070-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kinerja pelayanan penanganan pengaduan yang rendah pada akhirnya mengakibatkan banyaknya keluhan yang disampaikan masyarakat terhadap lembaga. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai pemenuhan pelayanan penanganan pengaduan yang berkualitas, tentunya wajib diimbangi dengan daya tanggap atau responsivitas dari aparat pemberi layanan. Selain itu, faktor profesionalisme para pegawai juga dapat mempengaruhi sebuah kinerja dalam pelayanan penanganan pengaduan. Hal ini dikarenakan profesionalisme berkaitan dengan kemampuan aparatur untuk memberikan pelayanan yang adil dan berkualitas dan didukung oleh kemampuan serta keahliannya untuk memahami dan menerjemahkan kebutuhan masyarakat. Merujuk pada masalah penelitian, maka penelitian ini akan mengkaji Pengaruh Profesionalisme dan Responsivitas Pegawai Terhadap Kinerja Pelayanan Penanganan Pengaduan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang Kinerja pelayanan penanganan pengaduan dapat diukur dengan komitmen kerja, kejelasan waktu, dan perbaikan layanan. Profesionalisme pegawai dapat diukur dengan kesetaraan pelayanan, keadilan pelayanan, loyalitas kerja, dan akuntabilitas kinerja. Kemudian responsivitas pegawai dapat diukur dengan kecepatan melayani, ketepatan melayani, dan kecermatan melayani. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Kendall Tau-c, Koefisien Konkordansi Kendall W, dan Regresi Ordinal. Sampel penelitian berjumlah 113 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme pegawai terhadap kinerja pelayanan penanganan pengaduan sebesar 25 persen. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara responsivitas pegawai terhadap kinerja pelayanan penanganan pengaduan sebesar 23,3 persen. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme dan responsivitas pegawai terhadap kinerja pelayanan penanganan pengaduan sebesar 31,4 persen. Variabel profesionalisme pegawai dan responsivitas pegawai membuktikan bahwa semua variabel tersebut mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelayanan penanganan pengaduan. Berdasarkan hasil tersebut, untuk meningkatkan dan menciptakan kinerja pelayanan penanganan pengaduan yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan, maka profesionalisme pegawai dan responsivitas pegawai perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23432
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pelayanan Penanganan Pengaduan, Profesionalisme Pegawai, Responsivitas Pegawai
Subjects: C > C432 Civil service
P > P142 Performance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mr Muhamad Naufal Putra Nasoka
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:13
Last Modified: 28 Aug 2023 06:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23422

Actions (login required)

View Item View Item