FAQIHUDDIN, Amri Sayyida (2023) Analisis Faktor yang Memengaruhi Konsumen Muslim Memilih Rumah Makan Bersertifikat Halal di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Amri Sayyida Faqihuddin-A1C018031-Skripsi-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Amri Sayyida Faqihuddin-A1C018031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Amri Sayyida Faqihuddin-A1C018031-Skripsi-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Amri Sayyida Faqihuddin-A1C018031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 6 September 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Amri Sayyida Faqihuddin-A1C018031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 6 September 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Amri Sayyida Faqihuddin-A1C018031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 6 September 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Amri Sayyida Faqihuddin-A1C018031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Amri Sayyida Faqihuddin-A1C018031-Skripsi-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Amri Sayyida Faqihuddin-A1C018031-Skripsi-2023.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Amri Sayyida Faqihuddin-A1C018031-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan menjadi pasar global dalam industri produk halal. Bagi umat muslim halal sudah menjadi keharusan suatu produk untuk dikonsumsi. Kehalalan suatu produk dapat dijamin dengan adanya sertifikat halal yang dikeluarkan oleh BPJPH melalui fatwa MUI. Kebutuhan produk halal yang besar tidak sejalan dengan ketersediaan sertifikat halal. Ketersediaan sertifikat halal di Indonesia masih terbilang sedikit, salah satunya yaitu di sektor industri rumah makan. Jumlah rumah makan memang banyak dengan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, namun sangat sedikit rumah makan yang sudah bersertifikat halal. Disamping itu, tingkat kesadaran konsumen tentang sertifikat halal masih terbilang kurang. Maka dari itu, penulis ingin melakukan penelitian tentang faktor yang memengaruhi konsumen muslim dalam memilih rumah makan yang bersertifikat halal. Penelitian dilakukan di Kabupaten Banyumas yang mana Kabupaten Banyumas merupakan daerah kuliner yang terkenal di Jawa Tengah, Indonesia. Penelitian dilakukan dengan melakukan survei secara langsung dan secara online pada 115 responden yaitu konsumen muslim yang memilih rumah makan bersertifikat halal di Kabupaten Banyumas. Kemudian data survei diolah menggunakan teknik Analisis Faktor dengan pendekatan Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil penelitian menunjukkan data sosiodemografi responden yaitu mayoritas berjenis kelamin perempuan (72%), berdomisili di Purwokerto (52%), berusia 26-35 tahun (43%) dan memiliki pendidikan terakhir di tingkat Sarjana/Diploma (50%). Sebagian besar responden bekerja sebagai pegawai swasta (37%), memiliki penghasilan di rentang Rp. 1.000.000 – Rp. 2.999.000 perbulan (57%), dalam sebulan dapat berkunjung ke rumah makan sebanyak 1-4 kali (73%), dan menghabiskan uang sekitar Rp. 50.000 – Rp. 99.000 untuk satu porsi makanan dalam sekali makan di rumah makan (48%). Dalam memilih rumah makan bersertifikat halal di Kabupaten Banyumas, ditemukan bahwa konsumen muslim sangat dipengaruhi oleh gaya hidup halal, kemudian diikuti oleh kualitas makanan, sikap, harga dan pelayanan, religiusitas dan norma subjektif, kepercayaan, persepsi kontrol perilaku, kebiasaan, kepuasan, dan kesetiaan merek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A23049 |
Uncontrolled Keywords: | analisis faktor, konsumen muslim, rumah makan bersertifikat halal |
Subjects: | C > C793 Consumers F > F257 Food Labeling |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian |
Depositing User: | Mr Amri Sayyida Faqihuddin |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 06:32 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 06:32 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23620 |
Actions (login required)
View Item |