PUTRI, Dewi Sartieka (2019) Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Di Poli Gigi Puskesmas Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf Download (600kB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Dewi Sartieka Putri-G10B015004-SKRIPSI-2019.pdf Download (730kB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB I-Dewi Sartieka Putri-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 17 October 2024. Download (612kB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB II-Dewi Sartieka-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 17 October 2024. Download (766kB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB III-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 17 October 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB V-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf Download (591kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf Download (693kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dengan kualitas yang baik. Kualitas jasa pelayanan kesehatan ditentukan dari lima dimensi service quality yaitu keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik. Persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan merupakan bentuk dari keyakinan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang didapatkan yang kemudian akan mempengaruhi keputusan dan minat pasien untuk berkunjung berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan di poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah observasi analitik dengan rancangan penelitian cross sectional study. Teknik pengambilan sampel puskesmas menggunakan purposive sampling dan pengambilan sampel responden menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan di 8 lokasi sampel puskesmas di Kabupaten Banyumas dengan jumlah responden sebanyak 95 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner SERVQUAL. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square dilanjutkan dengan uji koefisien kontingensi. Hasil menunjukkan terdapat hubungan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut yaitu dimensi keandalan (p=0,049), ketanggapan (p=0,001), jaminan (p=0,000) dan empati (p=0,000), sedangkan tidak terdapat hubungan persepsi pasien tentang dimensi bukti fisik (p=0,122) dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan di poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan di poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G19125 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, puskesmas, kualitas pelayanan, minat pemanfaatan ulang |
Subjects: | C > C432 Civil service D > D99 Dentistry Q > Q2 Quality control |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:57 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 03:57 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23922 |
Actions (login required)
View Item |