Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Di Poli Gigi Puskesmas Kabupaten Banyumas

PUTRI, Dewi Sartieka (2019) Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Di Poli Gigi Puskesmas Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf

Download (600kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Dewi Sartieka Putri-G10B015004-SKRIPSI-2019.pdf

Download (730kB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB I-Dewi Sartieka Putri-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 October 2024.

Download (612kB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II-Dewi Sartieka-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 October 2024.

Download (766kB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 October 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB IV-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf

Download (591kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf

Download (693kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Dewi Sartieka P-G1B015004-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dengan kualitas yang baik. Kualitas jasa pelayanan kesehatan ditentukan dari lima dimensi service quality yaitu keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik. Persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan merupakan bentuk dari keyakinan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang didapatkan yang kemudian akan mempengaruhi keputusan dan minat pasien untuk berkunjung berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan di poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah observasi analitik dengan rancangan penelitian cross sectional study. Teknik pengambilan sampel puskesmas menggunakan purposive sampling dan pengambilan sampel responden menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan di 8 lokasi sampel puskesmas di Kabupaten Banyumas dengan jumlah responden sebanyak 95 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner SERVQUAL. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square dilanjutkan dengan uji koefisien kontingensi. Hasil menunjukkan terdapat hubungan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut yaitu dimensi keandalan (p=0,049), ketanggapan (p=0,001), jaminan (p=0,000) dan empati (p=0,000), sedangkan tidak terdapat hubungan persepsi pasien tentang dimensi bukti fisik (p=0,122) dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan di poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan di poli gigi puskesmas di Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G19125
Uncontrolled Keywords: Persepsi, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, puskesmas, kualitas pelayanan, minat pemanfaatan ulang
Subjects: C > C432 Civil service
D > D99 Dentistry
Q > Q2 Quality control
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Mr soiman soiman
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:57
Last Modified: 17 Oct 2023 03:57
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23922

Actions (login required)

View Item View Item