Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Tingkat Ekonomi, Lingkungan Pondok Pesantren, dan Kreativitas dalam Berpikir Terhadap Motivasi Belajar

NURAINI, Melly (2023) Pengaruh Tingkat Ekonomi, Lingkungan Pondok Pesantren, dan Kreativitas dalam Berpikir Terhadap Motivasi Belajar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

This is the latest version of this item.

[img] PDF (Cover)
COVER-Melly Nur'Aini-C1L018006-Skripsi-2023.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Melly Nur'Aini-C1L018006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Melly Nur'Aini-C1L018006-Skripsi-2023.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Melly Nur'Aini-C1L018006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Melly Nur'Aini-C1L018006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Melly Nur'Aini-C1L018006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Melly Nur'Aini-C1L018006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Melly Nur'Aini-C1L018006-Skripsi-2023.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Melly Nur'Aini-C1L018006-Skripsi-2023.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Melly Nur'Aini-C1L018006-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif pada siswa MAN 1 Banyumas di pondok pesantren Darussalam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: (1) Pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar; (2) Pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap motivasi belajar; (3) Pengaruh kreativitas dalam berpikir terhadap motivasi belajar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa MAN 1 Banyumas kelas X dan XI tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 108 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan proportional stratified random sampling sehingga memperoleh sampel sebanyak 85 siswa. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis penelitian menggunakan bantuan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa: (1) Tingkat ekonomi orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar; (2) Lingkungan pondok pesantren tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar; (3) Kreativitas dalam berpikir berpengaruh terhadap motivasi belajar. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu: (1) Siswa diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran. Kreativitas ini dapat berupa sering mengajukan pertanyaan dan pendapat saat pembelajaran, berlatih untuk mengerjakan soal – soal rumit agar lebih terlatih, lebih banyak membaca buku dan referensi lainnya, serta lebih percaya terhadap kemampuan pribadi dan tidak segan untuk memberikan jawaban walaupun berbeda dengan teman. (2) Pondok pesantren disarankan untuk lebih memperhatikan keadaan lingkungan sekitar seperti kebersihan, kenyamanan dan ketersediaan ruang belajar agar siswa lebih nyaman untuk belajar dipondok pesantren sehingga meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Ketersediaan fasilitas pendukung seperti ruang perpustakan, wifi, dan adanya poskestren (post kesehatan pesantren) yang perlu dijaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23468
Uncontrolled Keywords: Tingkat Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Pondok Pesantren, Kreativitas dalam Berpikir, Motivasi Belajar
Subjects: M > M567 Motivation Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Melly Nur'Aini
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:41
Last Modified: 20 Oct 2023 01:41
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23937

Available Versions of this Item

  • Pengaruh Tingkat Ekonomi, Lingkungan Pondok Pesantren, dan Kreativitas dalam Berpikir Terhadap Motivasi Belajar. (deposited 20 Oct 2023 01:41) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item