Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kabupaten Purbalingga dalam menangani sengketa konsumen (studi kasus putusan no. 05/G/PMH/2016/BPSK.PBG)

KAMILA, Odiana Nur (2017) Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kabupaten Purbalingga dalam menangani sengketa konsumen (studi kasus putusan no. 05/G/PMH/2016/BPSK.PBG). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
cover_1.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
abstrak_1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab.I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] PDF (BabII)
Bab.II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab.III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab.IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] PDF (BabV)
Bab.V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (BabVI)
Bab.VI_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kabupaten Purbalingga dalam menangani sengketa konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk memahami peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kabupaten Purbalingga dalam menyelesaikan sengketa kosumen serta pertimbangan hukum hakim dalam memutus sengketa konsumen. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif, spesifikasi penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan data sekunder dan primer yang disajikan dengan uraian secara sistematis dan logis, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sesuai dengan Pasal 52 huruf a UUPK dan Pasal 3 huruf a Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia Nomor 350/MPP/Kep/12/2001 tentang pelaksanaan tugas dan wewenang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, tugas dan wewenang BPSK dalam penyelesaian sengketa konsumen dilakukan melalui Konsiliasi,Mediasi, dan Arbitrase. Sehingga peranan BPSK dalam menangani sengketa konsumen adalah sebagai Konsiliator, Mediator, dan Arbiter.Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kabupaten Purbalingga telah melakukan tugasnya sebagai mediator dan arbiter dalam menangani sengketa ini.Dalam melakukanpertimbangan hukum, hakim harus menggali nilai-nilai, mengikuti, dan memahami nilai-nilai hukum dan rasa keadilan yang hidup dalam masyarakat. Dalam penelitian ini, hakim telah memutus sesuai dengan rasa keadilan di antara para pihak yang bersengketa sehingga terjadi sebuah kesepakatan di antara para pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17003
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum konsumen, Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, UUPK.
Subjects: C > C792 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:16
Last Modified: 28 Aug 2020 02:21
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24

Actions (login required)

View Item View Item