Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Relasi Media & Politik (Analisa Semiotika Film Don't Look Up)

Mahendra, Panji (2023) Relasi Media & Politik (Analisa Semiotika Film Don't Look Up). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Panji Mahendra Putra-F1C019049-Skripsi-2023.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Panji Mahendra Putra-F1C019049-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Panji Mahendra Putra-F1C019049-Skripsi-2023.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I- Panji Mahendra Putra-F1C019049-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2024.

Download (232kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Panji Mahendra Putra-F1C019049-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2024.

Download (408kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Panji Mahendra Putra-F1C019049-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2024.

Download (180kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Panji Mahendra Putra-F1C019049-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Panji Mahendra Putra-F1C019049-Skripsi-2023.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Panji Mahendra Putra-F1C109049-Skripsi-2023.pdf

Download (184kB)

Abstract

Media dan politik merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Media harus hadir sebagai wadah informasi bagi masyarakat secara utuh dan bahkan media dapat menyampaikan suara-suara masyarakat dalam konsep politik. Keberpihakan dan kepentingan dari media menjadi sesuatu yang selalu memngaruhi proses produksi pesan hingga pendistribusian dari pesan yang akan disampaikan oleh media. Masyarakat dinilai hanya sebuah konsumen atau penonton dari suatu media belaka. Film Don’t Look Up merupakan film ber-genre komedi satire yang menyuguhkan kritikan terhadap pemerintah dan masyarakat. Pemanfaatan media televisi dan media sosial oleh para petinggi negara dan pemilik dari media itu sendiri ditampilkan di film ini. Film ini mengambil latar waktu saat menuju pemilihan umum. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana relasi media dan politik yang digambarkan pada film Don’t Look Up. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma kritis. Analisis semiotika John Fiske digunakan untuk membantu pencarian makna dalam scene film ini. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa adanya potensi besar media dalam membangun opini publik yang sangat dipengaruhi oleh keberpihakan dari sebuah media itu sendiri. Politisi juga dapat memanfaatkan peran dari media untuk membentuk dan mengontrol opini publik yang tercipta. Di satu sisi masyarakat membutuhkan peran media dalam menyalurkan aspirasi sehingga pendapatnya dapat didengar secara lebih luas. Kata kunci: Film, Media Massa, Media Massa Dan Politik, Semiotika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film, Media Massa, Media Massa Dan Politik, Semiotika
Subjects: C > C634 Communication Mass media Telecommunication
P > P402 Politics
S > S210 Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Panji Mahendra Putra
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:59
Last Modified: 13 Nov 2023 00:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24106

Actions (login required)

View Item View Item