Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pemberdayaan E-Commerce di Kampung Digital Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga

PURNAMA, Amara Frida (2023) Pemberdayaan E-Commerce di Kampung Digital Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER AMARA FRIDA PURNAMA F1C019077 SKIPSI 2023.pdf

Download (309kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS AMARA FIDA PUNAMA F1C019077 SKIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK AMARA FRIDA PURNAMA F1C019077 SKIPSI 2023.pdf

Download (365kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I AMARA FRIDA PURNAMA F1C019077 SKIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II AMARA FRIDA PURNAMA F1C019077 SKIPSI 2023.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2024.

Download (6MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III AMARA FRIDA PURNAMA F1C019077 SKIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2024.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV AMARA FRIDA PURNAMA F1C019077 SKIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V AMARA FRIDA PURNAMA F1C019077 SKIPSI 2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA AMARA FRIDA PURNAMA F1C019077 SKIPSI 2023.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN AMARA FRIDA PURNAMA F1C019077 SKIPSI 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Komerce merupakan sebuah organisasi yang kini berkembang menjadi start-up dengan berkolaborasi bersama pembisnis online dan UMKM dengan memberdayakan talent di bidang digital marketing untuk membantu optimasi bisnis secara remote. Program pemberdayaan yang dilaksanakan Komerce berfokus untuk mendidik dan melatih masyarakat di Karangmoncol agar berkompeten serta memiliki daya saing sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan mengurangi laju urbanisasi di Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol. Komerce dalam praktiknya memiliki strategi yang diimplementasikan untuk membantu proses kegiatan pemberdayaan sehingga meningkatkan skill pada SDM yang telah bergabung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi komunikasi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Komerce, untuk mengetahui peran stakeholder dalam implementasi komunikasi pemberdayaan masyarakat di Komerce, serta mengetahui faktor penghambat dan faktor pendorong implementasi strategi pemberdayaan di Komerce. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan tiga aspek pemberdayaan masyarakat. Adapun teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dan validitas data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi Komerce mencakup beberapa aspek yaitu sosialisasi, pelatihan, sharing knowledge, bedah kasus, pembentukan kurikulum serta evaluasi. Pemberdayaan masyarakat di Desa Tunjungmuli oleh Komerce, melibatkan peran beberapa pihak dari luar atau stakeholder, seperti menyediakan fasilitas untuk talent berupa device gadget, serta memberikan evaluasi kepada talent. Faktor pendorong implementasi strategi pemberdayaan oleh Komerce di Desa Tunjungmuli yaitu kemauan belajar dari diri SDM, pemerintah setempat Desa Tunjungmuli yang mendukung kegiatan pemberdayaan, serta fasilitas yang cukup memadahi. Beberapa hambatan juga ditemukan oleh Komerce selama menjalankan kegiatan pemberdayaan di Desa Tunjungmuli berupa SDM serta partner yang masih belum paham skill terkait digital marketing, talent tidak konsisten dalam mengikuti kegiatan pemberdayaan. Dalam aspek komunikasi terdapat hambatan psikologis serta hambatan tehnis, yang dapat menghambat laju kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23498
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Strategi, Komunikasi Pemberdayaan, Talent, Komerce E-Commerce, Strategy, Empowerment Communication, Talent, Commerce
Subjects: A > A531 Associations Commerce Economics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Amara Frida Purnama
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:25
Last Modified: 16 Nov 2023 06:25
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24179

Actions (login required)

View Item View Item