Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Persepsi Masyarakat Pengguna BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen

BAROROH, Sofiyani Wakhidatul (2017) Persepsi Masyarakat Pengguna BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
Daftr pustaka_1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen merupakan penyedia jasa pelayanan kesehatan yang baru bagi masyarakat Kuwarasan dan sekitarnya. Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen dapat melayani pasien dari berbagai latar belakang strata sosial, termasuk pasien BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran). Dengan adanya kebijakan pemerintah berupa BPJS PBI tersebut pasien di Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen mengalami kenaikan. Bertolak dari hal inilah penulis tertarik melakukan penelitian tentang Persepsi Masyarakat Pengguna BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien pengguna BPJS PBI mengenai pemanfaatan pelayanan kesehatan dan untuk mengetahui bagaimana pelayanan pasien pengguna BPJS PBI di rumah Sakit Purwogondo Kuwarasan Kebumen. Teori yang digunakan adalah teori Fenomenologi. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diklasifikasikan, direduksi dan disusun secara sistematis sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih tajam tentang hasil pengamatan yang akhirnya ditarik sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian persepsi Masyarakat pengguna BPJS PBI mengenai pemanfaatan pelayanan di Rumah sakit Purwogondo Kuwarsan kebumen adalah untuk membantu mereka dalam pelayanan pengobatan gratis di Rumah Sakit mulai dari mendaftar, pemeriksaan awal, tindakan pengobatan, perawatan, penempatan ruangan rawat inap, dan pemberian obat. Pelayanan terhadap pasien pengguna BPJS PBI di Rumah Sakit Purwogondo Kuwarasan kebumen sudah baik seperti administrasi dan pendaftaran yang cepat dan mudah, pemeriksaan serta pengobatan dilakukan dengan cepat, namun masih kurang dalam hal belum diberlakukannya jam besuk, sebagian perwat masih ada yang bersikap kurang ramah, belum tersedianya fasilitas bermain bagi pasien anak dan kurangnya ketegasan petugas rumah sakit agar pembesuk tidak menyertakan anak-anak untuk membesuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17194
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pasien BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran), Pelayanan Kesehatan
Subjects: C > C1020 Customer services
G > G193 Government policy
H > H56 Health insurance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Endang Kasworini
Date Deposited: 16 Jul 2020 01:59
Last Modified: 16 Jul 2020 01:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2421

Actions (login required)

View Item View Item