BAROROH, Sofiyani Wakhidatul (2017) Persepsi Masyarakat Pengguna BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (117kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (94kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftr pustaka_1.pdf Download (94kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
Abstract
Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen merupakan penyedia jasa pelayanan kesehatan yang baru bagi masyarakat Kuwarasan dan sekitarnya. Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen dapat melayani pasien dari berbagai latar belakang strata sosial, termasuk pasien BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran). Dengan adanya kebijakan pemerintah berupa BPJS PBI tersebut pasien di Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen mengalami kenaikan. Bertolak dari hal inilah penulis tertarik melakukan penelitian tentang Persepsi Masyarakat Pengguna BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Purwogondo Kuwarasan Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pasien pengguna BPJS PBI mengenai pemanfaatan pelayanan kesehatan dan untuk mengetahui bagaimana pelayanan pasien pengguna BPJS PBI di rumah Sakit Purwogondo Kuwarasan Kebumen. Teori yang digunakan adalah teori Fenomenologi. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diklasifikasikan, direduksi dan disusun secara sistematis sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih tajam tentang hasil pengamatan yang akhirnya ditarik sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian persepsi Masyarakat pengguna BPJS PBI mengenai pemanfaatan pelayanan di Rumah sakit Purwogondo Kuwarsan kebumen adalah untuk membantu mereka dalam pelayanan pengobatan gratis di Rumah Sakit mulai dari mendaftar, pemeriksaan awal, tindakan pengobatan, perawatan, penempatan ruangan rawat inap, dan pemberian obat. Pelayanan terhadap pasien pengguna BPJS PBI di Rumah Sakit Purwogondo Kuwarasan kebumen sudah baik seperti administrasi dan pendaftaran yang cepat dan mudah, pemeriksaan serta pengobatan dilakukan dengan cepat, namun masih kurang dalam hal belum diberlakukannya jam besuk, sebagian perwat masih ada yang bersikap kurang ramah, belum tersedianya fasilitas bermain bagi pasien anak dan kurangnya ketegasan petugas rumah sakit agar pembesuk tidak menyertakan anak-anak untuk membesuk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17194 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Pasien BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran), Pelayanan Kesehatan |
Subjects: | C > C1020 Customer services G > G193 Government policy H > H56 Health insurance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 01:59 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 01:59 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2421 |
Actions (login required)
View Item |