KHOIRUNNISA, Rafelia Anggita (2023) Representasi Gaman pada Tokoh Kudou Chika dalam Anime Kono Oto Tomare! (Analisis Semiotika John Fiske). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf Download (873kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2024. Download (509kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Registered users only until 20 November 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 20 November 2024. Download (509kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf Download (94kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf Download (375kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui representasi gaman pada tokoh Kudou Chika dalam anime Kono Oto Tomare. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa adegan dan dialog yang dilakukan oleh tokoh Kudou Chika dari anime Kono Oto Tomare sebagai sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dan simak catat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika oleh John Fiske yang menjabarkan kode televisi melalui tiga level yaitu realitas, representasi, dan ideologi. Dari hasil penelitian, representasi gaman digambarkan melalui tiga makna yang diperlihatkan oleh Kudou Chika, diantaranya adalah gigih, sabar dan tekun. Representasi gaman berupa gigih dan tekun direfleksikan melalui perjuangan Kudou Chika untuk mempelajari koto dari dasar, terlepas dari citranya yang dikenal buruk tetap semangat untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam bermain koto sampai ke tahap mampu mengikuti kejuaraan nasional. Sementara representasi gaman berupa sabar direfleksikan melalui sikap Kudou yang meskipun mudah marah, tetap mempertimbangkan pendapat orang lain. Selain itu terdapat ideologi gaman tentang gigih, sabar dan tekun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J23236 |
Uncontrolled Keywords: | gaman, semiotika Fiske, representasi |
Subjects: | J > J3 Japan L > L264 Literature S > S210 Semiotics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Mrs Rafelia Anggita Khoirunnisa |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 00:40 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 00:40 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24233 |
Actions (login required)
View Item |