Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Representasi Gaman pada Tokoh Kudou Chika dalam Anime Kono Oto Tomare! (Analisis Semiotika John Fiske)

KHOIRUNNISA, Rafelia Anggita (2023) Representasi Gaman pada Tokoh Kudou Chika dalam Anime Kono Oto Tomare! (Analisis Semiotika John Fiske). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf

Download (873kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2024.

Download (509kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2024.

Download (509kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf

Download (375kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rafelia Anggita Khoirunnisa-J1C019024-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui representasi gaman pada tokoh Kudou Chika dalam anime Kono Oto Tomare. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa adegan dan dialog yang dilakukan oleh tokoh Kudou Chika dari anime Kono Oto Tomare sebagai sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dan simak catat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika oleh John Fiske yang menjabarkan kode televisi melalui tiga level yaitu realitas, representasi, dan ideologi. Dari hasil penelitian, representasi gaman digambarkan melalui tiga makna yang diperlihatkan oleh Kudou Chika, diantaranya adalah gigih, sabar dan tekun. Representasi gaman berupa gigih dan tekun direfleksikan melalui perjuangan Kudou Chika untuk mempelajari koto dari dasar, terlepas dari citranya yang dikenal buruk tetap semangat untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam bermain koto sampai ke tahap mampu mengikuti kejuaraan nasional. Sementara representasi gaman berupa sabar direfleksikan melalui sikap Kudou yang meskipun mudah marah, tetap mempertimbangkan pendapat orang lain. Selain itu terdapat ideologi gaman tentang gigih, sabar dan tekun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J23236
Uncontrolled Keywords: gaman, semiotika Fiske, representasi
Subjects: J > J3 Japan
L > L264 Literature
S > S210 Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Mrs Rafelia Anggita Khoirunnisa
Date Deposited: 21 Nov 2023 00:40
Last Modified: 21 Nov 2023 00:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24233

Actions (login required)

View Item View Item