HUSNAH, Wahidatul (2023) The Use of the Auditory Intellectual Repetitive (AIR) Model to Enhance Students' Writing Ability of Descriptive Text (A Pre-experimental Research for the Tenth Grade of MAN 01 Cilacap in Academic Year 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Wahidatul Husnah-J1E019036-Skripsi-2023.pdf Download (230kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Wahidatul Husnah-J1E019036-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Wahidatul Husnah-J1E019036-Skripsi-2023.pdf Download (195kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Wahidatul Husnah-J1E019036-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 23 November 2024. Download (225kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Wahidatul Husnah-J1E019036-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 23 November 2024. Download (252kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Wahidatul Husnah-J1E019036-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 23 November 2024. Download (255kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Wahidatul Husnah-J1E019036-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Wahidatul Husnah-J1E019036-Skripsi-2023.pdf Download (189kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Wahidatul Husnah-J1E019036-Skripsi-2023.pdf Download (477kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Wahidatul Husnah-J1E019036-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tesis ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-eksperimental. Peneliti membatasi pembahasan masalah yang terdiri atas : “1. Seberapa efektif model auditory intellectual repetitive (AIR) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas sepuluh MAN 01 cilacap tahun ajaran 2022/2023?, 2. Bagaimana realisasi penggunaan AIR model untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa?, 3. Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan AIR model untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa?”. Melalui masalah-masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan AIR model terhadap keterampilan menulis teks deskriptif, untuk mendeskripsikan realisasi penggunaan AIR model dalam pembelajaran menulis teks deskriptif, dan untuk menjelaskan presepsi siswa terhadap penggunaan AIR model terhadap pembelajaran menulis teks deskriptif. Dalam penelitian ini, besar sampelnya adalah 38 siswa yang merupakan siswa dari kelas X IPS 1 MAN 01 Cilacap yang diambil secara purposive samping. Seluruh sampel merupakan siswa dari kelas eksperimental yang diberikan perlakuan menggunakan Model AIR. Peneliti mengumpulkan data menggunakan dua kali test yakni pre-test dan post-test, kuesioner dan lembar observasi. Hasil dari pre-test dan post-test diuji menggunakan Paired Sample T-test. Rata-rata hasil nilai pre-test siswa adalah 53,22, dan rata-rata hasil nilai post-test siswa adalah 81,71. Hasil analisis data menunjukan signifikansi data sebesar <0,001. Yangmana, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, AIR model terbukti tekniknya efektif untuk mengajar menulis teks deskriptif untuk siswa kelas sepuluh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J23252 |
Uncontrolled Keywords: | Pre-experimental Research, AIR Model, Writing Descriptive Text, Writing Ability. |
Subjects: | S > S774 Study and teaching W > W234 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Wahidatul Husnah |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 08:28 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 08:28 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24405 |
Actions (login required)
View Item |