Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perbedaan dan Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS dan Non BPJS pada Layanan Kesehatan Dasar (Studi Kasus di Puskesmas Purwokerto II Kecamatan Purwokerto Utara)

MEILANI, Annisa (2023) Perbedaan dan Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS dan Non BPJS pada Layanan Kesehatan Dasar (Studi Kasus di Puskesmas Purwokerto II Kecamatan Purwokerto Utara). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Annisa Meilani-F1B019098-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Annisa Meilani-F1B019098-Skripsi.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Annisa Meilani-F1B019098-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (514kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Annisa Meilani-F1B019098-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2024.

Download (337kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Annisa Meilani-F1B019098-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2024.

Download (484kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Annisa Meilani-F1B019098-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2024.

Download (651kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Annisa Meilani-F1B019098-Skripsi.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Annisa Meilani-F1B019098-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (424kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Annisa Meilani-F1B019098-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (423kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Annisa Meilani-F1B019098-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perbedaan dan Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS dan Non BPJS Pada Layanan Kesehatan Dasar (Studi Kasus di Puskesmas Purwokerto Utara II Kecamatan Purwokerto Utara)”. Kepuasan pasien merupakan faktor penting untuk menentukan keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan. Terutama dalam bidang jasa pelayanan kesehatan mengalami perkembangan yang signifikan. Pada dasarnya masyarakat cenderung menuntut pelayanan kesehatan yang lebih baik dan cepat, sehingga Puskesmas diwajibkan untuk mewujudkan kepuasan pasien dalam berbagai strategi untuk mempertahankan kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat dilihat dari persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan dan waktu pelayanan. Kualitas pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendapatkan penilaian atas pelayanan yang diterima sesuai harapan dengan tujuan terciptanya kepuasan pasien dalam menerima pelayanan. Pada bidang kesehatan pemerintah menyediakan jaminan sosial yaitu BPJS. Puskesmas Purwokerto Utara II menyediakan pelayanan kesehatan untuk peserta BPJS dan pasien Non-BPJS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan Kepuasan Pasien Peserta BPJS dan Non BPJS pada Kualitas Pelayanan di Puskesmas Purwokerto Utara II dan menganalisi besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Purwokerto Utara II. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Kendall’s Tau-c, Analisis Regresi Ordinal, dan Uji Chi-Square. Hasil penelitian berdasarkan analisis Korelasi Kendall’s Tau-c dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan (X) dengan Kepuasan Pasien (Y) sebesar 0,268 dengan arah positif. Kemudian dari analisis Regresi Ordinal, diketahui juga bahwa pengaruh Kualitas Pelayanan (X) memiliki hubungan yang signifikan terhadap Kepuasan Pasien (Y) sebesar 0,159 (15,9%). Berdasarkan analisis Uji Chi-Square diketahui bahwa tidak ada perbedaan pada Kualitas Pelayanan (X) antara pasien peserta BPJS dan Non-BPJS didapatkan nilai p-value 0.102 dimana lebih besar dari alpha 0,05 (0.102 > 0,05), sedangkan pada Kepuasan Pasien (Y) antara pasien peserta BPJS dan Non-BPJS didapatkan nilai p-value 0.115 dimana lebih besar dari alpha 0,05 (0.115 > 0,05). Oleh karenanya hipotesis penelitian yang pertama Ha diterima dan hipotesis yang kedua dan ketiga Ho diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23546
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, dan BPJS dan Non BPJS
Subjects: C > C1020 Customer services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Annisa Meilani
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:53
Last Modified: 23 Nov 2023 08:53
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24406

Actions (login required)

View Item View Item