Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Factors Causing Elementary Schools Postponing English as a Subject as The Mandate of Merdeka Curriculum (A Descriptive Study to the Implementation of Merdeka Curriculum in Kaligayam 02 Elementary School)

WAHYUNINGTYAS, Dwi Septi (2023) Factors Causing Elementary Schools Postponing English as a Subject as The Mandate of Merdeka Curriculum (A Descriptive Study to the Implementation of Merdeka Curriculum in Kaligayam 02 Elementary School). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dwi Septi Wahyuningtyas-J1E019006-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dwi Septi Wahyuningtyas-J1E019006- Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dwi Septi Wahyuningtyas-J1E019006- Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Dwi Septi Wahyuningtyas-J1E019006- Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 November 2024.

Download (125kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Dwi Septi Wahyuningtyas-J1E019006- Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 November 2024.

Download (250kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Dwi Septi Wahyuningtyas-J1E019006- Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 November 2024.

Download (122kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Dwi Septi Wahyuningtyas-J1E019006- Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Dwi Septi Wahyuningtyas-J1E019006- Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dwi Septi Wahyuningtyas-J1E019006- Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dwi Septi Wahyuningtyas-J1E019006- Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)

Abstract

Perhatian umum dalam penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar sebagai implementasi Kurikulum Merdeka. Sejak diluncurkannya kebijakan Kurikulum Merdeka, Bahasa Inggris direkomendasikan untuk diajarkan sebagai mata pelajaran pilihan. Kemudian yang menjadi perhatian utama penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab tertundanya pembelajarab Bahasa Inggris diajarkan sebagai matapelajarab di SD Kaligayam 02. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Wawancara dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Analisis tematik digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Dua faktor yang menyebabkan sekolah menunda mata pelajaran Bahasa Inggris adalah; masih belum ada guru bahasa Inggris yang memenuhi syarat di sekolah tersebut dan faktanya sekolah tersebut mengikuti saran dari Dinas Pendidikan Daerah di Kecamatan Talang untuk menyelenggarakan ekstrakurikuler bahasa Inggris. (2) Dalam upaya sekolah mengatasi hambatan dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris sebagai mata pelajaran, kepala sekolah menyebutkan bahwa bahasa Inggris akan dimasukkan sebagai bagian dari mata pelajaran sekolah ketika kurikulum Merdeka telah diterapkan di semua kelas. Sementara itu, sekolah sedang mempersiapkan guru bahasa Inggris yang berkualitas dan masih mengikuti amanat dari Dinas Pendidikan Daerah di Kecamatan Talang untuk memberikan bahasa Inggris sebagai kegiatan ekstrakurikuler. (3) Melihat dari sudut pandang sekolah, seluruh warga sekolah sepakat bahwa bahasa Inggris penting untuk diberikan sedini mungkin. Sebagian besar siswa belum terbiasa dengan bahasa Inggris namun kepala sekolah dan guru menunjukkan motivasi yang tinggi untuk meningkatkan keterampilan dan fasilitas pengajaran bahasa Inggris bagi siswanya. Secara keseluruhan, peneliti menyimpulkan bahwa meskipun sekolah masih menghadapi beberapa ketidaksiapan dalam hal guru dan fasilitas, namun sekolah terus mempersiapkan diri untuk memberikan mata pelajaran bahasa Inggris sebagai mandat kurikulum Merdeka. Sementara itu, sekolah menganggap pengajaran Bahasa Inggris sebagai ekstrakurikuler adalah pilihan terbaik untuk siswanya. Peneliti menyarankan kepada seluruh pihak di sekolah untuk dapat mempersiapkan segala faktor yang diperlukan untuk meningkatkan bahasa Inggris yang akan diajarkan dari sekedar kegiatan ekstrakurikuler menjadi mata pelajaran sebagai amanat kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J23282
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar, Sekolah Dasar, Bahasa Inggris untuk Pembelajar Muda, Kurikulum Merdeka
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Dwi Septi Wahyuningtyas
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:42
Last Modified: 28 Nov 2023 07:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/24585

Actions (login required)

View Item View Item