Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Good Corporate Governance dalam Pelayanan Pengajuan Klaim dan Non-Klaim (Studi Tentang Layanan Digital Taspen One-hour Online Service (TOOS) PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Purwokerto)

SALSAZABILA, Silvia (2023) Good Corporate Governance dalam Pelayanan Pengajuan Klaim dan Non-Klaim (Studi Tentang Layanan Digital Taspen One-hour Online Service (TOOS) PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Silvia Salsazabila-F1B020067-Skripsi-2024.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Silvia Salsazabila-F1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Silvia Salsazabila-F1B020067-Skripsi-2024.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Silvia Salsazabila-F1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 January 2025.

Download (149kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Silvia Salsazabila-F1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 January 2025.

Download (225kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Silvia Salsazabila-F1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 January 2025.

Download (122kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Silvia Salsazabila-F1B020067-Skripsi-2024.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Silvia Salsazabila-F1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Silvia Salsazabila-F1B020067-Skripsi-2024.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Silvia Salsazabila-F1B020067-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya penerapan good corporate governance pada badan-badan privat/swasta maupun BUMN yang menyebabkan timbulnya krisis ekonomi di Indonesia dan di berbagai negara. Adanya layanan digital Taspen One-hour Online Service (TOOS) pada PT Taspen (Persero) bertujuan untuk memberikan kemudahan aksesibilitas, efisiensi waktu proses pengajuan klaim dan adanya transparansi yang jelas mengenai klaim yang diajukan. Perwujudan Good Corporate Governance pada PT Taspen yang didukung oleh Layanan Digital Taspen One-hour Online Service (TOOS) dapat menciptakan pelayanan publik yang baik dan dapat memuaskan semua pihak yang terkait. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelaksanaan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam Pelayanan Pengajuan Klaim dan Non-Klaim pada Layanan Digital Taspen One-hour Online Service (TOOS) PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Purwokerto. Penelitian ini menggunakan teori Good Corporate Governance menurut Organization for Economic Corporation and Development (OECD) dengan indikatornya yaitu Transparansi (Transparency), Akuntabilitas (Accountability), Pertanggungjawaban (Responsibility), Kemandirian (Independency), dan Kesetaraan (Fairness). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan informan dalam pemilihan informan ini menggunakan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data digunakan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Good Corporate Governance pada PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Purwokerto telah dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang berlandaskan transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian dan kesetaraan. Namun pada pelaksanaannya layanan Taspen One-hour Online Service (TOOS) belum maksimal karena masih banyak peserta taspen yang belum mengetahui informasi mengenai layanan digital ini, sehingga masih banyak peserta yang harus jauh-jauh datang ke kantor taspen untuk dapat mengajukan klaim, sistem pengendalian internal perusahaan juga masih belum baik karena adanya karyawan tertentu yang menunda proses pelayanan pengajuan klaim melalui layanan Taspen One-hour Online Service (TOOS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24012
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Stakeholder, Layanan Digital Taspen One-hour Online Service (TOOS)
Subjects: C > C1020 Customer services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Silvia Salsazabila
Date Deposited: 12 Jan 2024 00:57
Last Modified: 12 Jan 2024 00:57
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25007

Actions (login required)

View Item View Item