PAMUNGKAS, Usamah Daffa (2024) Kualitas Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover-Usamah Daffa Pamungkas-F1B020065-Skripsi-2023.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas-Usamah Daffa Pamungkas-F1B020065-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak-Usamah Daffa Pamungkas-F1B020065-Skripsi-2023.pdf Download (175kB) |
|
PDF (BabI)
Bab I-Usamah Daffa Pamungkas-F1B020065-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 15 January 2025. Download (740kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Usamah Daffa Pamungkas-F1B020065-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 15 January 2025. Download (532kB) |
|
PDF (BabIII)
Bab III-Usamah Daffa Pamungkas-F1B020065-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 15 January 2025. Download (268kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Usamah Daffa Pamungkas-F1B020065-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Usamah Daffa Pamungkas-F1B020065-Skripsi-2023.pdf Download (91kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Usamah Daffa Pamungkas-F1B020065-Skripsi-2023.pdf Download (279kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Usamah Daffa Pamungkas-F1B020065-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih didapati kekurangan pada kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah termasuk BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum dari pemerintah yang menyelenggarakan jaminan sosial bagi para pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang kualitas yang ada pada pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. Adapun judul penelitian yaitu “Kualitas Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto”. Dalam penelitian ini, kualitas pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto akan dilihat berdasarkan aspek pengukuran kualitas pelayanan publik menurut Zeithaml, Parassuraman & Berry yang terdiri dari Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Empathy). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis interaktif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa aspek Reliability, Assurance, dan Empathy dapat dikatakan baik tanpa ada kekurangan. Aspek Tangibles sudah cukup baik tetapi terdapat kekurangan pada subaspek pelayanan online. Aspek Responsiveness juga sudah cukup baik tapi perlu peningkatan pada proses pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa kualitas pelayanan publik di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto memiliki penilaian yang berbeda-beda dari setiap jenis aspek dan subaspek yang ada. Namun, secara keseluruhan sudah cukup baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24007 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan |
Subjects: | C > C1020 Customer services H > H56 Health insurance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mr Usamah Daffa Pamungkas |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 01:50 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 01:50 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25024 |
Actions (login required)
View Item |