Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Inovasi Pelayanan Pertanahan Melalui Layanan Sertipikat Satu Jam (Lasejam) di Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang

SUHARSO, Suharso (2024) Inovasi Pelayanan Pertanahan Melalui Layanan Sertipikat Satu Jam (Lasejam) di Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Suharso-F1B020039-Skripsi-2024.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Suharso-F1B020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Suharso-F1B020039-Skripsi-2024.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Suharso-F1B020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Suharso-F1B020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Suharso-F1B020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Suharso-F1B020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Suharso-F1B020039-Skripsi-2024.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Suharso-F1B020039-Skripsi-2024.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Suharso-F1B020039-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Pelayanan pertanahan merupakan salah satu pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pelayanan pertanahan di Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang belum maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan adanya aduan yang dilaporkan masyarakat mengenai waktu penyelesaian layanan yang lama pada pengurusan sertipikat. Selain itu nilai rata-rata indeks terendah pada bulan Januari hingga Maret tahun 2022 ditemukan pada unsur waktu penyelesaian dengan nilai 91,33. Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang berupaya membuat inovasi yang bertujuan untuk mempercepat waktu penyelesaian dan mendorong masyarakat untuk mengurus sendiri permohonannya yaitu melalui layanan sertipikat satu jam (Lasejam). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai inovasi layanan sertipikat satu jam (Lasejam) di Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan teori atribut inovasi menurut rogers (1983) yang terdiri dari relative advantage, compability, complexity, triability dan observability. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model interaktif analisis data menurut Miles, Huberman, dan Saldana (2014), serta melakukan uji validitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan sertipikat satu jam telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan karakteristik inovasi relative advantage, compability, complexity dan observability. Namun pada karakteristik triability belum sesuai. Pada aspek relative advantage menunjukkan bahwa keuntungan yang didapat baik dari segi ekonomi, prestise sosial, kepuasan, dan kenyamanan yaitu bagi masyarakat waktu penyelesaian yang lebih cepat, biaya pelayanan yang lebih terjangkau dan bagi kantor mendapatkan citra yang baik dan mendukung pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi. Pada aspek compability yaitu inovasi Lasejam sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan nilai-nilai kementerian ATR/BPN. Pada aspek complexity yaitu dari sisi kesiapan pegawai sudah siap karena telah dibentuk tim Lasejam yang sudah sesuai dengan kompetensinya. Namun, dalam pelaksanaanya masih terdapat kendala dari sisi teknis seperti jaringan internet tidak stabil, gangguan server pada sistem Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) dan listrik padam. Pada aspek triability menunjukkan bahwa inovasi Lasejam ini belum dilakukan uji coba ke masyarakat, hanya dilakukan uji coba di lingkup internal kantor dan sosialisasi yang dilakukan belum maksimal. Pada aspek observability hasilnya yaitu prosedur penyelesaian pelayanan yang lebih jelas dan meningkatnya masyarakat yang mengurus sertipikat tanpa kuasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24018
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan Publik, Pelayanan Pertanahan, Layanan Sertipikat Satu Jam
Subjects: P > P647 Public service commissions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mr. Suharso Suharso
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:44
Last Modified: 16 Jan 2024 06:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25099

Actions (login required)

View Item View Item