PARAMITA, Agnes (2024) Tantangan dan Kendala UMKM Dalam Menerapkan Pemasaran DIgital: Perspektif Pelaku UMKM Sandal Bandol di Kelurahan Pasir Kidul. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf Download (245kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf Download (222kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 January 2025. Download (339kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 January 2025. Download (240kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 January 2025. Download (230kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf Download (231kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf Download (441kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pemasaran digital yang dilakukan oleh UMKM sandal bandol di Kelurahan Pasir Kidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data in-depth interview dan observasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa para pelaku UMKM sandal bandol di Kelurahan Pasir Kidul belum mampu menerapkan pemasaran digital, dilihat dari indikator pemasaran digital yaitu aksesibilitas, interaktivitas, hiburan, kepercayaan, gangguan, dan informatif. Para pelaku UMKM sandal bandol di Kelurahan Pasir Kidul belum mampu menerapkan pemasaran digital karena menghadapi berbagai tantangan dan kendala seperti keterbatasan pengetahuan dan keterampilan untuk menerapkan pemasaran digital, keterbatasan waktu, dan ketakutan untuk mencoba strategi pemasaran baru. Tantangan utamanya adalah para pelaku UMKM ini sudah merasa cukup dan nyaman hanya dengan memasarkan produknya ke para pengepul saja. Para pelaku UMKM sandal bandol di Kelurahan Pasir Kidul belum merasakan adanya dukungan langsung dari pihak luar seperti Kelurahan dan Paguyuban. Kelurahan hanya berperan sebagai penyalur bantuan dari pihak luar karena terbatasnya anggaran dana. Paguyuban juga belum memberikan dukungan secara langsung karena saat ini fokus utamanya adalah memperkenalkan budaya atau sejarah sandal bandol murni tanpa campuran spons. Berdasarkan hasil penelitian diatas, pelaku UMKM sandal bandol diharapkan dapat mempertimbangkan untuk menerapkan pemasaran digital agar bisa memperluas target pasar dan meningkatkan penjualan. Pihak Kelurahan dan Paguyuban diharapkan dapat memberikan perhatian lebih kepada para pelaku UMKM sandal bandol dengan memberikan dukungan berupa pelatihan, bantuan modal, dan membantu mempromosikan produk ke pihak luar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24089 |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Digital, Aksesibilitas, Interaktivitas, Hiburan, Kepercayaan, Gangguan, Informatif |
Subjects: | I > I260 Internet marketing S > S399 Small business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mrs Agnes Paramita |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 01:04 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 01:04 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25166 |
Actions (login required)
View Item |