Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Tantangan dan Kendala UMKM Dalam Menerapkan Pemasaran DIgital: Perspektif Pelaku UMKM Sandal Bandol di Kelurahan Pasir Kidul

PARAMITA, Agnes (2024) Tantangan dan Kendala UMKM Dalam Menerapkan Pemasaran DIgital: Perspektif Pelaku UMKM Sandal Bandol di Kelurahan Pasir Kidul. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf

Download (245kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf

Download (222kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (339kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (240kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (230kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf

Download (441kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Agnes Paramita-C1B020062-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pemasaran digital yang dilakukan oleh UMKM sandal bandol di Kelurahan Pasir Kidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data in-depth interview dan observasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa para pelaku UMKM sandal bandol di Kelurahan Pasir Kidul belum mampu menerapkan pemasaran digital, dilihat dari indikator pemasaran digital yaitu aksesibilitas, interaktivitas, hiburan, kepercayaan, gangguan, dan informatif. Para pelaku UMKM sandal bandol di Kelurahan Pasir Kidul belum mampu menerapkan pemasaran digital karena menghadapi berbagai tantangan dan kendala seperti keterbatasan pengetahuan dan keterampilan untuk menerapkan pemasaran digital, keterbatasan waktu, dan ketakutan untuk mencoba strategi pemasaran baru. Tantangan utamanya adalah para pelaku UMKM ini sudah merasa cukup dan nyaman hanya dengan memasarkan produknya ke para pengepul saja. Para pelaku UMKM sandal bandol di Kelurahan Pasir Kidul belum merasakan adanya dukungan langsung dari pihak luar seperti Kelurahan dan Paguyuban. Kelurahan hanya berperan sebagai penyalur bantuan dari pihak luar karena terbatasnya anggaran dana. Paguyuban juga belum memberikan dukungan secara langsung karena saat ini fokus utamanya adalah memperkenalkan budaya atau sejarah sandal bandol murni tanpa campuran spons. Berdasarkan hasil penelitian diatas, pelaku UMKM sandal bandol diharapkan dapat mempertimbangkan untuk menerapkan pemasaran digital agar bisa memperluas target pasar dan meningkatkan penjualan. Pihak Kelurahan dan Paguyuban diharapkan dapat memberikan perhatian lebih kepada para pelaku UMKM sandal bandol dengan memberikan dukungan berupa pelatihan, bantuan modal, dan membantu mempromosikan produk ke pihak luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24089
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Digital, Aksesibilitas, Interaktivitas, Hiburan, Kepercayaan, Gangguan, Informatif
Subjects: I > I260 Internet marketing
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs Agnes Paramita
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:04
Last Modified: 18 Jan 2024 01:04
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25166

Actions (login required)

View Item View Item