Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Faktor Yang Memengaruhi Willingness To Pay Pengunjung Untuk Membayar Wahana Bermain Di Objek Wisata Rowo Jombor

NISA, Maysyaroh Sahiddun (2024) Analisis Faktor Yang Memengaruhi Willingness To Pay Pengunjung Untuk Membayar Wahana Bermain Di Objek Wisata Rowo Jombor. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
PDF (Cover).pdf

Download (300kB)
[img] PDF (Legalitas)
PDF (Legalitas).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] PDF (Abstrak)
PDF (Abstrak).pdf

Download (363kB)
[img] PDF (BabI)
PDF (BAB I).pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (410kB)
[img] PDF (BabII)
PDF (BAB II).pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (453kB)
[img] PDF (BabIII)
PDF (BAB III).pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (503kB)
[img] PDF (BabIV)
PDF (BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (744kB)
[img] PDF (BabV)
PDF (BAB V).pdf
Restricted to Repository staff only until 18 January 2025.

Download (268kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
PDF (Daftar Pustaka).pdf

Download (382kB)
[img] PDF (Lampiran)
PDF (Lampiran).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei pada pengunjung wisata diobjek wisata Rowo Jombor Kabupaten Klaten mengenai kesediaan membayar atau willingness to pay. Penelitian ini mengambil judul: “Analisis Faktor yang Memepengaruhi Willingness To Pay Pengunjung untuk Membayar Wahana Bermain Di Objek Wisata Rowo Jombor”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor pendapatan, jenis kelamin, pendidikan, dan usia berpengaruh terhadap willingness to pay pengunjung untuk membayar wahana bermain di objek wisata Rowo Jombor dan menganalisis faktor yang paling mempengaruhi willingness to pay pengunjung untuk membayar wahana bermain di objek wisata Rowo Jombor. populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung objek wisata Rowo Jombor. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 74 responden. Simple random sampling digunakan dalam menentukan responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan kuesioner dan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa: (1) pendapatan tidak berpengaruh terhadap willingness to pay pengunjung untuk membayar wahana bermain di objek wisata Rowo Jombor, (2) tidak ada perbedaan nilai willingness to pay antara pengunjung laki-laki dan perempuan untuk membayar wahana bermain di objek wisata Rowo Jombor, (3) tingkat pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap willingness to pay pengunjung untuk membayar wahana bermain di objek wisata Rowo Jombor, (4) usia tidak berpengaruh terhadap willingness to pay pengunjung untuk membayar wahana bermain di objek wisata Rowo Jombor. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu dalam upaya peningkatan minat pengunjung objek wisata Rowo Jombor untuk membayar wahana berimain pemerintah dapat memberikan perhatian khusus yang berfokus pada pengembangan usaha wahana bermain. Upaya yang dapat dilakukan adalah memberikan standar atau syarat mengenai fasilitas dan layanan bagi pengelola wahana bermain agar pengunjung merasa lebih aman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24065
Uncontrolled Keywords: Destinasi Wisata, Wisata Air, Willingness To Pay
Subjects: C > C1009 Cultural tourism
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs MAYSYAROH SAHIDDUN NISA
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:08
Last Modified: 18 Jan 2024 07:08
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25170

Actions (login required)

View Item View Item