AWWALYYA, Amanda Rafah (2023) Hubungan antara Kebiasaan Belajar Menurut Model VARK dengan Nilai Ujian Identifikasi Anatomi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2022. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Amanda Rafah Awwalyya-G1A020023-Skripsi-2023.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Amanda Rafah Awwalyya-G1A020023-Skripsi-20223.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Amanda Rafah Awwalyya-G1A020023-Skripsi-2023.pdf Download (707kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Amanda Rafah Awwalyya-G1A020023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 18 January 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Amanda Rafah Awwalyya-G1A020023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 18 January 2025. Download (10MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Amanda Rafah Awwalyya-G1A020023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 18 January 2025. Download (4MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Amanda Rafah Awwalyya-G1A020023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Amanda Rafah Awwalyya-G1A020023-Skripsi-2023.pdf Download (647kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Amanda Rafah Awwalyya-G1A020023-Skripsi-2023.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Amanda Rafah Awwalyya-G1A020023-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Latar Belakang: Penerapan strategi belajar merupakan salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar. Penggunaan strategi belajar yang berulang dan sistematis akan membentuk kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar tersebut diamati dengan model Visual, Aural, Read-write, dan Kinesthetic (VARK), yang kemudian dianalisis hubungannya dengan penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar yang digunakan adalah nilai ujian identifikasi Anatomi. Anatomi adalah salah satu ilmu dasar pendidikan kedokteran dan ujian identifikasi adalah salah satu komponen penyusun nilai blok. Tujuan: Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan bermakna antara kebiasaan belajar VARK dengan nilai ujian identifikasi Anatomi pada mahasiswa FK Unsoed angkatan 2022. Metode: Rancangan cross sectional dilakukan pada 103 mahasiswa FK Unsoed angkatan 2022 yang memenuhi kriteria inklusi dan dipilih melalui teknik total sampling. Data kebiasaan belajar VARK dan nilai ujian identifikasi Anatomi adalah data sekunder yang diambil pada database Departemen Anatomi FK Unsoed. Uji hipotesis menggunakan uji Kruskal Wallis. Hasil: Kebiasaan belajar yang paling banyak dimiliki, berdasarkan 15 jenis kombinasi modalitas adalah visual (20,4%), berdasarkan 4 jumlah kombinasi modalitas adalah unimodal (34%), dan secara umum antara kelompok unimodal dan multimodal yang lebih banyak dimiliki adalah multimodal (66%). Rerata nilai ujian identifikasi Anatomi paling banyak pada rentang nilai A (61,2%), dengan rerata nilai secara keseluruhan adalah 78,51. Hasil analisis bivariat didapat nilai tidak signifikan (p = 0,697 dan p = 0,516). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan bermakna antara kebiasaan belajar VARK dengan nilai ujian identifikasi Anatomi pada mahasiswa FK Unsoed angkatan 2022.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G24005 |
Uncontrolled Keywords: | Anatomi, Kebiasaan belajar, VARK, Ujian identifikasi |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs Amanda Rafah Awwalyya |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 06:20 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 06:20 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25179 |
Actions (login required)
View Item |