Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Daya Tarik, Citra Destinasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali melalui Kepuasan Wisatawan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Objek Wisata di Kabupaten Purbalingga)

AWALINA, Nurroh (2024) Pengaruh Daya Tarik, Citra Destinasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali melalui Kepuasan Wisatawan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Objek Wisata di Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nurroh Awalina-C1B020030-Skripsi-2024.pdf

Download (265kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurroh Awalina-C1B020030-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurroh Awalina-C1B020030-Skripsi-2024.pdf

Download (344kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nurroh Awalina-C1B020030-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2025.

Download (332kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nurroh Awalina-C1B020030-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2025.

Download (628kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nurroh Awalina-C1B020030-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2025.

Download (377kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurroh Awalina-C1B020030-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nurroh Awalina-C1B020030-Skripsi-2024.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurroh Awalina-C1B020030-Skripsi-2024.pdf

Download (336kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurroh Awalina-C1B020030-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Daya Tarik, Citra Destinasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Objek Wisata di Kabupaten Purbalingga). “ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah daya tarik citra destinasi, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali, dan apakah kepuasan wisatawan dapat berperan sebagai mediasi. Populasi penelitian ini yaitu wisatawan (perempuan dan laki-laki) berusia 18-64 tahun yang pernah berkunjung ke objek wisata di Kabupaten Purbalingga minimal satu kali dalam kurun waktu 5 tahun terakhir (2019-2023). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) menunjukkan bahwa: (1) daya tarik tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali, (2) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali, (3) kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali, (4) daya tarik tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, (5) citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, (6) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, (7) kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali, (8) daya tarik tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan, (9) citra destinasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan, (10) kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan. Implikasi dari penelitian ini yaitu pengelola hendaknya selalu berusaha untuk menanamkan dan mempertahankan citra destinasi yang baik kepada wisatawan sehingga wisatawan puas dan wisatawan berkeinginan bekunjung kembali ke objek wisata, pengurus objek wisata juga hendaknya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan objek wisata sehingga wisatawan semakin puas, ketika wisatawan puas, maka wisatawan berkeinginan untuk mengunjungi kembali. Daya tarik objek wisata juga sebaiknya dibuat lebih variatif, menarik, dan berbeda dengan objek wisata daerah lain sehingga wisatawan dapat merasa puas dan memiliki minat untuk berkunjung kembali .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24103
Uncontrolled Keywords: Minat Berkunjung Kembali, Daya Tarik, Citra Destinasi, Kulitas Pelayanan, dan Kepuasan Wisatawan
Subjects: C > C1020 Customer services
E > E59 Ecotourism
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs Nurroh Awalina
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:58
Last Modified: 22 Jan 2024 04:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25231

Actions (login required)

View Item View Item