TANJUNG, Novriani (2024) Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-User Satisfaction Pengguna Mobile Banking BRI (Studi Kasus Pengguna Mobile Banking BRI di Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover Novriani Tanjung F1B020015 Skripsi 2024.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas Novriani Tanjung F1B020015 Skripsi 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak Novriani Tanjung F1B020015 Skripsi 2024.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
Bab I Novriani Tanjung F1B020015 Skripsi 2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 January 2025. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
Bab II Novriani Tanjung F1B020015 Skripsi 2024.pdf Restricted to Repository staff only until 25 January 2025. Download (12MB) |
|
PDF (BabIII)
Bab III Novriani Tanjung F1B020015 skripsi 2023.pdf Restricted to Repository staff only until 25 January 2025. Download (3MB) |
|
PDF (BabIV)
Bab IV Novriani Tanjung F1B020015 Skripsi 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (BabV)
Bab V Novriani Tanjung F1B020015 Skripsi 2024.pdf Download (456kB) |
|
PDF (DaftasrPustaka)
Daftar pustaka Noriani Tanjung F1B020015 Skripsi 2024.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
Daftar Lampiran Novriani Tanjung F1B020015 Skripsi 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Salah satu Bank konvensional di Indonesia yang telah menciptakan inovasi digital banking yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satu inovasi digital Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah aplikasi BRImo. BRImo adalah Aplikasi Keuangan Digital Bank Rakyat Indonesia (BRI) berbasis data internet yang memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non nasabah BRI untuk dapat bertransaksi. Namun berdasarkan penilaian pengguna aplikasi mobile banking BRI, terdapat keluhan pengguna terkait kualitas aplikasi mobile banking seperti kendala login, perbaikan sistem serta kendala update pada IOS. Dari permasalahan diatas dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality terhadap E-User Satisfaction. Menurut Tjiptono, 2016 E-Service Quality merupakan suatu penilaian atau evaluasi secara keseluruhan dari keunggulan sebuah pelayanan secara elektronik di pasar virtual. Satu faktor kepuasan pelanggan yaitu adanya kualitas suatu pelayanan atau produk yang diberikan oleh penyedia jasa atau produk kepada pengguna. Kepuasan pelanggan atau pengguna dapat diperoleh dengan menciptakan pelayanan yang baik karena merupakan kunci utama untuk mengukur kepuasan pelanggan atas layanan yang diberikan. Anderson dan Srinivasan (2013) menyatakan bahwa kepuasan online atau yang biasa disebut dengan E-User Satisfaction adalah sebuah penilaian oleh customer dalam setiap bertransaksi secara online. E-User Satisfaction dianggap sebagai pemenuhan kebutuhan customer terhadap perasaan senang yang dikumpulkan selama beberapa pengalaman transaksi dengan media online. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 100 responden sebagai pengguna Mobile Banking BRI (BRImo) di Kabupaten Banyumas. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Kuesioner disebarkan menggunakan google form. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menjawab hipotesis apakah variabel E-Service Quality (X) berpengaruh terhadap variabel E-User Satisfaction(Y). Untuk menguji hipotesis tersebut digunakan teknik analisis Regresi Ordinal. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak bernama IBM Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 29. Hasil penelitian menunjukkan model regresi antara variabel E-Service Quality (X) dan E-User Satisfaction (Y) adalah Fit atau bersesuaian, dimana diperoleh koefisien regresi sebesar 10.015 pada taraf sig. sebesar 0,0001 hal ini berarti bahwa variabel E-Service Quality (X) berpengaruh positif signifikan terhadap E-User Satisfaction(Y), artinya setiap kenaikan 1 unit sebesar 10.015 pada variabel E-User Satisfaction(Y) maka akan diikuti dengan kenaikan yang sama pada E-Service Quality (X).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24045 |
Uncontrolled Keywords: | E-Service Quality, E-User Satisfaction, Mobile Banking. |
Subjects: | B > B36 Banks and banking J > J56 Job satisfaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik |
Depositing User: | Mrs. Novriani Tanjung |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 06:40 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 06:40 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25328 |
Actions (login required)
View Item |