Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Komodifikasi Agama: Pelibatan Nilai-nilai Agama dalam Iklan Perdagangan Elektronik di Era Informasi (Analisis Wacana pada Iklan Shopee Barokah)

FATURRIZKI, Alfinsa (2023) Komodifikasi Agama: Pelibatan Nilai-nilai Agama dalam Iklan Perdagangan Elektronik di Era Informasi (Analisis Wacana pada Iklan Shopee Barokah). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Alfinsa Faturrizki-F1A019050-Skripsi-2024.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Alfinsa Faturrizki-F1A019050-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Alfinsa Faturrizki-F1A019050-Skripsi-2024.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Alfinsa Faturrizki-F1A019050-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Alfinsa Faturrizki-F1A019050-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (BbabIII)
BAB-III-Alfinsa Faturrizki-F1A019050-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Alfinsa Faturrizki-F1A019050-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Alfinsa Faturrizki-F1A019050-Skripsi-2024.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-V-Alfinsa Faturrizki-F1A019050-Skripsi-2024.pdf

Download (150kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah populasi muslim terbesar yang kemudian dimanfaatkan oleh kapitalis dalam memperoleh keutungan, dengan cara memproduksi komoditas berlabel islami. Alhasil, banyak aspek kebutuhan masyarakat yang melibatkan unsur islami dan disebut komodifikasi agama. Saat ini, komodifikasi agama mulai merambah pada media baru yaitu platform e-commerce. Shopee melakukan komodifikasi agama melalui iklan Youtube dalam mendistribusikan komoditas terbarunya yaitu Shopee Barokah. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan komodifikasi nilai-nilai agama Islam melalui analisis terhadap iklan Shopee Barokah. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori ekonomi politik media dari Vincent Mosco, yang menjelaskan bagaimana hubungan politik, ekonomi, dan komunikasi dalam kapitalisme. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan analisis data menggunakan analisis wacana model Van Dijk. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa iklan Shopee Barokah melakukan komodifikasi, yaitu komodifikasi konten dan khalayak. Melalui analisis wacana model Van Dijk pada elemen struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro, menunjukkan bahwa komodifikasi konten dalam iklan Shopee Barokah membuat skema adegan bertema islami dan terdapat penonjolan pesan menggunakan label islami seperti kata, logo, atribut, serta pemilihan warna. Iklan Shopee Barokah juga melakukan komodifikasi khalayak berdasarkan konteks sosial yaitu memanfaatkan populasi umat muslim sebagai pangsa pasar potensial dan penghayatan mereka terhadap implementasi nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24033
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi agama, e-commerce, ekonomi politik media, analisis wacana
Subjects: E > E167 Electronic commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mr ALFINSA FATURRIZKI
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:32
Last Modified: 31 Jan 2024 04:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25441

Actions (login required)

View Item View Item