Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Digitalisasi Pelayanan Publik Pada Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) Dalam Proses Pengklaiman Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) Kepada Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto

FEBIGA, Kareka Balqis Arrahman Dalih (2024) Digitalisasi Pelayanan Publik Pada Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) Dalam Proses Pengklaiman Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) Kepada Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_Kareka Balqis_F1B020012_SKRIPSI_2024.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_Kareka Balqis_F1B020012_SKRIPSI_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_Kareka Balqis_F1B020012_SKRIPSI_2024.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_Kareka Balqis_F1B020012_SKRIPSI_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_Kareka Balqis_F1B020012_SKRIPSI_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_Kareka Balqis_F1B020012_SKRIPSI_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_Kareka Balqis_F1B020012-Skipsi 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_Kareka Balqis_F1B020012-Skripsi 2024.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_Kareka Balqis_F1B020012-1 (1) (1).pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Lampiran)
Daftar Lampiran_Kareka Balqis_F1B020012-1 (1) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Digitalisasi Pelayanan Publik Pada Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) Dalam Proses Pengklaiman Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) Kepada Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto. Latar belakang ini didasari pada diciptakannya aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang berfungsi sebagai media untuk memudahkan peserta dalam pengklaiman saldo jaminan hari tua dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor cabang terdekat. Adanya program tersebut sudah sepantasnya peserta merasa dimudahkan dan kunjungan ke kantor cabang terkait urusan pengklaiman saldo dapat terminimalisir. Namun, nyatanya aplikasi JMO tersebut masih belum sepenuhnya mudah digunakan bagi seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto dan beberapa dari mereka menganggap aplikasi JMO belum efektif dalam media pengklaiman saldo jaminan hari tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagimana efektivitas berbasis digitalisasi pelayanan publik pada Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dalam proses pengklaiman saldo Jaminan Hari Tua (JHT) kepada Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana efektivitas berbasis digitalisasi pelayanan publik pada Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dalam proses pengklaiman saldo Jaminan Hari Tua (JHT) kepada Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto yang diteliti dengan beberapa aspek dari digitalisasi pelayanan publik untuk mengetahui efektivitas pada teori yang dikemukakan ahli. Aspek tersebut terdiri dari perubahan program, pemanfaatan teknologi, dan tujuan program. Teknik pemilihan informan menggunakan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis interaktif. Validitas data menggunakan Teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas berbasis digitalisasi pelayanan publik pada Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dalam proses pengklaiman saldo Jaminan Hari Tua (JHT) kepada Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto berdasarkan dimensi efektivitas yang dianalisis menggunakan aspek perubahan program, pemanfaatan teknologi, dan tujuan program. Pada aspek tujuan program terdapat perubahan prosedur dengan persyaratan yang sudah mengarah pada pemberkasan yang lebih simple dan mudah dipenuhi peserta, pada aspek pemanfaatan teknologi menunjukkan respon peserta yang masih menunjukkan perberbedaan antara merasa dimudahkan dan merasa rumit terkait efek yang dirasakan setelah mengklaim saldo JHT menggunakan aplikasi JMO dan juga mobilitas program yang sudah menyeluruh pada user android dan IOS. Pada aspek tujuan program menunjukkan bahwa aplikasi JMO sebagai media pengklaiman saldo jaminan hari tua belum sepenuhnya efektif karena masih ditemui perbedaan respon dan beberapa informan cenderung masih menyukai program lama dibandingkan dengan program baru sekarang ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24072
Uncontrolled Keywords: digitalisasi, pelayanan publik, kemudahan, aplikasi, kebijakan
Subjects: P > P642 Public opinion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. Kareka Balqis Arrahman Dalih Febiga
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:31
Last Modified: 01 Feb 2024 01:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25462

Actions (login required)

View Item View Item