NAJIKHAH, Muthia (2024) Perancangan Strategi Digital Marketing Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus : UMKM Batik Dwi Putro). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muthia Najikhah-H1E019013-Skripsi-2024.pdf Download (722kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muthia Najikhah-H1E019013-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muthia Najikhah-H1E019013-Skripsi-2024.pdf Download (706kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Muthia Najikhah-H1E019013-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 February 2025. Download (737kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Muthia Najikhah-H1E019013-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 February 2025. Download (842kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Muthia Najikhah-H1E019013-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 15 February 2025. Download (858kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Muthia Najikhah-H1E019013-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Muthia Najikhah-H1E019013-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (849kB) |
|
PDF (BabVI)
BAB VI_Muthia Najikhah_TI_2024.pdf Download (705kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muthia Najikhah-H1E019013-Skripsi-2024.pdf Download (715kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muthia Najikhah-H1E019013-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
UMKM Batik Dwi Putro merupakan usaha yang bergerak pada bidang kerajinan dengan memproduksi berbagai macam batik seperti batik tulis, batik cap, batik eco-printing dan batik campuran. Selain itu, UMKM Dwi Putro juga memproduksi sepatu, tas dan pakaian untuk pria dan wanita. Penerapan digital marketing yang dilakukan oleh UMKM Batik Dwi Putro yakni dengan melakukan promosi melalui beberapa platform media sosial yang sering digunakan seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook. Namun adanya penerapan digital marketing belum mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan penjualan. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya jumlah penjualan batik selama 3 tahun terakhir semenjak adanya pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi tingkat penjualan dalam lingkup digital marketing khususnya melalui media sosial, posisi perusahaan saat ini menggunakan IE matriks serta mengusulkan beberapa alternatif strategi digital marketing yang sesuai dan terbaik menggunakan pendekatan SWOT dan QSPM. Berdasarkan matriks SWOT didapatkan faktor dominan pada aspek kekuatan yaitu perusahaan mempunyai berbagai media sosial untuk sarana pemasaran, sedangkan pada aspek kelemahan yaitu kegiatan promosi online yang dilakukan belum optimal. Faktor eksternal yang dominan pada aspek peluang yaitu jangkauan postingan dapat menyebar lebih luas, sedangkan pada aspek ancaman yaitu bertambahnya kompetitor dalam pasar digital. Hasil Matrix IE berada pada kuadran I (3,52 ; 3,64) yang disebut strategi tumbuh dan berkembang. Analisis SWOT yang dilakukan menghasilkan 10 alternatif strategi digital marketing. Pemilihan strategi yang diprioritaskan menggunakan metode QSPM ialah dengan mengadakan promosi online secara aktif dan kreatif dengan skor TAS sebesar 5.519.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24068 |
Uncontrolled Keywords: | digital marketing, media sosial, analisis SWOT, metode QSPM |
Subjects: | D > D119 Design M > M80 Marketing |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Mrs. Muthia Najikhah |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 08:53 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 08:53 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25631 |
Actions (login required)
View Item |