Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Effectiveness of Using Microsoft Onenote to Improve Students’ Grammar Ability Through Self-Directed Learning: A Quasi-Experimental Research at the Second Semester Students of Animal Husbandry Study Program at Jenderal Soedirman University in the Academic Year 2022/2023

NOVIANTI, Ade (2024) The Effectiveness of Using Microsoft Onenote to Improve Students’ Grammar Ability Through Self-Directed Learning: A Quasi-Experimental Research at the Second Semester Students of Animal Husbandry Study Program at Jenderal Soedirman University in the Academic Year 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ade Novianti-J1E019025-Skripsi-2024.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ade Novianti-J1E019025-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ade Novianti-J1E019025-Skripsi-2024.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ade Novianti-J1E019025-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2025.

Download (212kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ade Novianti-J1E019025-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2025.

Download (447kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ade Novianti-J1E019025-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2025.

Download (238kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ade Novianti-J1E019025-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Ade Novianti-J1E019025-Skripsi-2024.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ade Novianti-J1E019025-Skripsi-2024.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ade Novianti-J1E019025-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang efektivitas penggunaan Microsoft OneNote untuk kegiatan belajar dan mengajar grammar Bahasa Inggris pada tingkat mahasiswa. Penelitian ini sengaja dibuat dengan tujuan untuk mengungkap efektivitas, keuntungan, dan kesulitan yang dialami oleh mahasiswa ketika menggunakan Microsoft OneNote untuk belajar grammar Bahasa Inggris. Dikarenakan alasan kepraktisan, peneliti menjalankan desain semi-eksperimen untuk menyelesaikan penelitian ini. Sebanyak 30 mahasiswa semester dua program studi Budidaya Ternak dari Universitas Jenderal Soedirman pada tahun ajaran 2022/2023 dipilih menjadi sampel pada penelitian ini berdasarkan kriteria tertentu. Tiga jenis instrumen berupa tes, kuesioner, dan observasi dipilih sebagai teknik untuk mengumpulkan data dari para sampel penelitian. Setelah terkumpul, data tersebut kemudian dianalisis menggunakan independent sample t-test dan descriptive statistics test melalui SPSS 25. Temuan dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai ujian grammar mahasiswa dari 58.47 poin ke 83.67 poin setelah menggunakan Microsoft OneNote untuk belajar. Selain itu, dalam penelitian ini juga terbukti bahwa Microsoft OneNote menyediakan beberapa keunggulan seperti memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, fleksibel, interaktif, dan terstruktur. Temuan dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa sedikit permasalahan teknis dan adaptif masih muncul beberapa kali selama proses belajar dan mengajar. Oleh karena itu, baik guru maupun siswa seharusnya bijak dalam menggunakan aplikasi ini untuk belajar dan mengajar. Setelah dipertimbangkan, maka dapat disimpulkan bahwa Microsoft OneNote dapat menjadi suatu sarana pendukung yang efektif digunakan untuk mengajar dan belajar grammar Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24016
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, grammar ability, Microsoft OneNote, quasi-experimental research, self-directed learning
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Ade Novianti
Date Deposited: 26 Feb 2024 00:48
Last Modified: 26 Feb 2024 00:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25641

Actions (login required)

View Item View Item