Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kinerja Pelayanan PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Purwokerto dalam Klaim Jaminan Kematian (Uang Duka Wafat) bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara

NIMAH, Damarwati Nila Nihayatun (2024) Kinerja Pelayanan PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Purwokerto dalam Klaim Jaminan Kematian (Uang Duka Wafat) bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Damarwati Nila Nihayatun Nimah-F1B020088-Skripsi-2024.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Damarwati Nila Nihayatun Nimah-F1B020088-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Damarwati Nila Nihayatun Nimah-F1B020088-Skripsi-2024.pdf

Download (434kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Damarwati Nila Nihayatun Nimah-F1B020088-Skripsi-2024 (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Damarwati Nila Nihayatun Nimah-F1B020088-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (4MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Damarwati Nila Nihayatun Nimah-F1B020088-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Damarwati Nila Nihayatun Nimah-F1B020088-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Damarwati Nila Nihayatun Nimah-F1B020088-Skripsi-2024.pdf

Download (785kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Damarwati Nila Nihayatun Nimah-F1B020088-Skripsi-2024.pdf

Download (634kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Damarwati Nila Nihayatun Nimah-F1B020088-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT TASPEN (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jaminan sosial yang diperuntukkan kepada Aparatur Sipil Negara/Pejabat Negara senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan layanan dan kinerja terbaik kepada seluruh peserta pensiun maupun peserta aktif di seluruh Indonesia dengan berpedoman pada visi dan nilai-nilai yang dimiliki oleh perusahaan. Dalam upaya meningkatkan layanan PT TASPEN (Persero) dianggap telah berhasil meningkatkan kontribusi kepada negara dan memberikan layanan inovatif seiring dengan perkembangan teknologi. Dalam memberikan pelayanan public secara digital PT TASPEN telah berhasil merilis aplikasi berupa website yaitu https://www.taspen.co.id/ dan TASPEN One Hour Online Service yang di dalamnya memberikan informasi terkait layanan yang dapat diakses oleh pengguna layanan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan e-government dengan memanfaatan website belum dilaksanakan secara optimal karena masih ditemukan faktor penghambat dan kendala yang dihadapi oleh para karyawan PT TASPEN Kantor Cabang Purwokerto dalam mewujudkan implementasi e-government yang ideal/baik. Salah satunya yaitu ketidaklancaran proses pengajuan klaim Uang Duka Wafat yang diperuntukkan kepada pensiunan Pegawai Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara. Faktor penghambat proses pengajuan klaim Uang Duka Wafat yang diberikan kepada keluarga atau ahli waris peserta pensiun Aparatur Sipil Negara/Pejabat Negara akan berdampak pada tuntutan dari nasabah PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Purwokerto. Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kinerja pelayanan PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Purwokerto dalam memberikan layanan tekait dengan pengajuan klaim Uang Duka Wafat. Penelitian ini menggunakan teori milik Agus Dwiyanto (2006: 50) yang mengungkapkan bahwa terdapat 5 (lima) indikator pengukuran kinerja, antara lain produktivitas, kualitas layanan, responsibilitas, responsivitas, dan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan informan dengan cara purposive sampling, yang terdiri dari karyawan PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Purwokerto dan penerima layanan Uang Duka Wafat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Purwokerto belum sepenuhnya berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan apa yang diharapkan oleh penerima layanan. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa penerima layanan Uang Duka Wafat yang menyampaikan keluhan dan pengaduan kepada customer service PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Purwokerto. Oleh karena itu, PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Purwokerto perlu untuk meningkatkan layanan yang diberikan kepada pengguna layanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24093
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pelayanan, Program Layanan, Uang Duka Wafat.
Subjects: L > L216 Life insurance
P > P142 Performance
P > P647 Public service commissions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. Damarwati Nila Nihayatun Nimah
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:04
Last Modified: 12 Feb 2024 06:04
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25671

Actions (login required)

View Item View Item