OLIFIA, Dina (2024) An Analysis of Reading Comprehension Problems on Narrative Texts (Descriptive-Qualitative Research of the Grade 9D Students at SMP Negeri 1 Gumelar in the Academic Year of 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dina Olifia-J1E018017-Skripsi-2024.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dina Olifia-J1E018017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dina Olifia-J1E018017-Skripsi-2024pdf.pdf Download (89kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dina Olifia-J1E018017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (107kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dina Olifia-J1E018017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (185kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dina Olifia-J1E018017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (168kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dina Olifia-J1E018017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dina Olifia-J1E018017-Skripsi-2024.pdf Download (81kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dina Olifia-J1E018017-Skripsi-2024.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dina Olifia-J1E018017-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Perhatian umum dari penelitian ini merupakan teks naratif, dan perhatian utama adalah analisis masalah pemahaman membaca pada teks naratif (penelitian deskriptif kualitatif pada kelas 9D di SMP Negeri 1 Gumelar). Beberapa siswa megalami hal tersebut, karena banyak hal yang harus diperhatikan ketika memprediksi, menganalis, dan memaknai teks. Terdapat 32 siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan desain metode kualitatif deskriptif, bertujuan untuk mengetahui masalah, untuk mengetahui faktor-faktor yang mungkin menyebabkan masalah, dan untuk mengungkapkan bagaimana siswa kelas 9D di SMP Negerei 1 Gumelar dalam mengatasi masalah yang dihadapi dalam pemahaman membaca pada teks naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 5 masalah dalam pemahaman membaca teks naratif: pengetahuan bahasa (80%), proses membaca (76%), pengetahuan latar belakang (74%), strategi membaca (70%), dan motivasi (58%). (2) Terdapat 5 faktor yang menyebabkan masalah dalam pemahaman membaca pada teks naratif: pengolahan informasi (81%), kurang familiar dengan materi pelajaran (78%), kesulitan teks (74%), kelancaran yang buruk (67%), dan kurangnya kosa kata (60%. (3) Para siswa memiliki 5 cara untuk mengatasi masalah dalam pemahaman bacaan pada teks naratif: membaca perlahan dan hati-hati (81%), menjeda teks (81%), menggunakan kamus (77%), mencatat (66%), dan menggarisbawahi atau melingkari informasi penting (62%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa mempunyai beberapa masalah dalam pemahaman membaca, meliputi pengetahuan bahasa, proses membaca, pengetahuan latar belakang, strategi membaca, dan motivasi. Faktor penyebab permasalahan adalah pengolahan informasi, kurang familiar dengan materi pembelajaran, kesulitan teks, kelancaran yang buruk, dan kurangnya kosa kata. Cara siswa mengatasi permasalahan pemahaman membaca pada teks naratif adalah dengan membaca perlahan dan hati-hati, memberi jeda pada teks, menggunakan kamus, mencatat, dan menggaris bawahi atau melingkari informasi penting. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif, dan solusi terhadap permasalahan siswa dalam pemahaman membaca pada teks naratif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24019 |
Uncontrolled Keywords: | Masalah Siswa, Pemahaman Membaca, Teks Naratif |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching R > R99 Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Dina Olifia |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 03:01 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 03:01 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25680 |
Actions (login required)
View Item |