Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Exploring Students’ Vocabulary Learning Strategies in Intensive Reading Class at University Level (A Descriptive Qualitative Research of Third Semester Students at English Education Study Program, Faculty of Humanities, Jenderal Soedirman University, Academic Year 2023/2024)

RIZQIANSYAH, Rifqi (2024) Exploring Students’ Vocabulary Learning Strategies in Intensive Reading Class at University Level (A Descriptive Qualitative Research of Third Semester Students at English Education Study Program, Faculty of Humanities, Jenderal Soedirman University, Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rifqi Rizqiansyah-J1E019057-Skripsi-2024.pdf

Download (260kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rifqi Rizqiansyah-J1E019057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rifqi Rizqiansyah-J1E019057-Skripsi-2024.pdf

Download (248kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Rifqi Rizqiansyah-J1E019057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 February 2025.

Download (198kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Rifqi Rizqiansyah-J1E019057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (286kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Rifqi Rizqiansyah-J1E019057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (237kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Rifqi Rizqiansyah-J1E019057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Rifqi Rizqiansyah-J1E019057-Skripsi-2024.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rifqi Rizqiansyah-J1E019057-Skripsi-2024.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rifqi Rizqiansyah-J1E019057-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Strategi Pembelajaran Kosakata memainkan peran penting bagi siswa untuk mendapatkan pemerolehan bahasa yang efisien dan peningkatan kemampuan bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui strategi pembelajaran kosakata yang digunakan oleh mahasiswa semester tiga di kelas Intensive Reading di tingkat universitas; (2) untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran kosakata yang digunakan oleh mahasiswa semester tiga di kelas Intensive Reading di tingkat universitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengetahui strategi pembelajaran kosakata yang digunakan oleh mahasiswa ESL. Partisipan dari penelitian ini adalah mahasiswa ESL yang merupakan mahasiswa semester tiga di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dalam mengumpulkan data melalui kuesioner. Selain itu, convenience sampling juga digunakan untuk instrumen wawancara. Data dikumpulkan oleh peneliti melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Selain itu, studi dokumen digunakan untuk menganalisis dokumen yang berkaitan dengan subjek penelitian. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini telah mendeskripsikan strategi penentuan sebagai strategi yang dominan dalam pembelajaran kosakata mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penggunaan strategi ini, menekankan bahwa mahasiswa memiliki tingkat kemampuan bahasa tertentu dalam memahami kosakata baru di kelas Intensive Reading. Penelitian ini telah memberikan eksplorasi yang luas mengenai penerapan strategi pembelajaran kosakata oleh mahasiswa ESL di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Temuan telah menyoroti berbagai strategi yang digunakan mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan kosakata mereka. Agar hampir semua mahasiswa lebih suka belajar kosakata dengan menggunakan strategi penentuan, peneliti menyarankan agar dosen atau pendidik bahasa Inggris dan mahasiswa memilih strategi pembelajaran kosakata yang tepat dan sesuai. Peneliti lain juga dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang berhubungan dengan topik penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24040
Uncontrolled Keywords: membaca intensif, belajar kosakata, strategi pembelajaran kosakata
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr RIFQI RIZQIANSYAH,
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:40
Last Modified: 12 Feb 2024 03:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25700

Actions (login required)

View Item View Item