MAHARANI, Maharani (2024) Students' Perception Towards The Use of Google Translate as Machine Translation in Translating Procedure Text for 9th Grade Students at SMP Negeri 1 Kedungbanteng. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-MAHARANI-J1E018020-SKRIPSI-2024.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-MAHARANI-J1E018020-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-MAHARANI-J1E018020-SKRIPSI-2024.pdf Download (176kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-MAHARANI-J1E018020-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (108kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-MAHARANI-J1E018020-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (229kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-MAHARANI-J1E018020-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 12 February 2025. Download (119kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-MAHARANI-J1E018020-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-MAHARANI-J1E018020-SKRIPSI-2024.pdf Download (101kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-MAHARANI-J1E018020-SKRIPSI-2024.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-MAHARANI-J1E018020-SKRIPSI-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Google Translate adalah sebuah program komputer yang dapat membantu manusia dalam menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain. Google Translate juga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran Bahasa Inggris dikelas. Google Translate dapat digunakan siswa untuk menerjemahkan kata, kalimat atau bahkan keseluruhan teks. Alat ini juga memiliki fitur pengucapan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan Google Translate dalam pembelajaran teks prosedur dan implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan partisipannya adalah siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Kedungbanteng. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, analisi dokumen dan kuesioner. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, siswa memiliki persepsi yang positif terhadap penggunaan Google Translate sebagai alat bantu terjemah dalam pembelajaran teks prosedur. Persepsi positif ini terbangun dalam diri siswa karena mereka mendapatkan beberapa keuntungan dari penggunaan Google Translate. Dengan bantuan Google Translate, siswa dapat dengan mudah memahami isi teks dengan menerjemahkan setiap kata dan kalimat. Dengan menggunakan fitur kata alternatif, siswa dapat belajar bahwa satu kata dalam bahasa Inggris dapat memiliki banyak arti dalam Bahasa Indonesia. Fitur ini juga membantu siswa meningkatkan kosa kata mereka Selain itu, siswa dapat lebih memahami pentingnya penggunaan kata-kata yang sesuai dengan konteks yang dikerjakan. Meskipun siswa percaya bahwa Google Translate mungkin tidak sepenuhnya dapat diandalkan dalam menerjemahkan teks Bahasa Inggris, namun mereka tetap menganggapnya sebagai alat yang berguna dalam proses penerjemahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24037 |
Uncontrolled Keywords: | Google Translate, Mesin Penerjemah, Persepsi Siswa, Teks Prosedur |
Subjects: | T > T275 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs MAHARANI MAHARANI |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 04:49 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 04:49 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25756 |
Actions (login required)
View Item |