Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kinerja Implementasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi SEMAR (Sistem Elektronik Manajemen ASN Terekonsiliasi) di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta

WIJAYA, Husna Ladina (2024) Kinerja Implementasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi SEMAR (Sistem Elektronik Manajemen ASN Terekonsiliasi) di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_Husna Ladina Wijaya_F1B020057_Skripsi_2024.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Husna Ladina Wijaya_F1B020057_Skripsi_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Husna Ladina Wijaya_F1B020057_Skripsi_2024.pdf

Download (237kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_Husna Ladina Wijaya_F1B020057_Skripsi_2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (421kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_Husna Ladina Wijaya_F1B020057_Skripsi_2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (331kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_Husna Ladina Wijaya_F1B020057_Skripsi_2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2025.

Download (270kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_Husna Ladina Wijaya_F1B020057_Skripsi_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_Husna Ladina Wijaya_F1B020057_Skripsi_2024.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Husna Ladina Wijaya_F1B020057_Skripsi_2024.pdf

Download (244kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Husna Ladina Wijaya_F1B020057_Skripsi_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)

Abstract

Tuntutan masyarakat akan pelayanan publik semakin kompleks seiring berjalannya waktu. Organisasi publik dituntut mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. Di era serba cepat ini, masyarakat menghendaki agar pelayanan publik dapat dilakukan seefisien dan sefleksibel mungkin. Sehingga pemerintah mengambil langkah diadakannya inovasi pelayanan publik berbasis digital untuk mendukung pelayanan publik yang lebih cepat dan praktis. Upaya percepatan digitalisasi pelayanan publik hingga saat ini masih terus diupayakan di seluruh instansi pemerintah tak terkecuali Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta. Salah satu bentuk dukungan Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara terhadap percepatan digitalisasi pelayanan adalah diluncurkannya inovasi pelayanan publik menggunakan aplikasi SEMAR (Sistem Elektronik Manajemen ASN Terekonsiliasi) dalam pelayanan status kepegawaian. Aplikasi SEMAR sudah berjalan sejak tahun 2019 dan sudah pernah disosialisasikan sebelumnya. Namun, masih ditemukan beberapa pengajuan pelayanan dengan berkas yang tidak lengkap atau tidak sesuai dengan ketentuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan kinerja implementasi penggunaan aplikasi SEMAR dalam pelayanan publik di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif menggunakan teori kinerja implementasi yang dikemukakan oleh Ripley (dalam Purwanto & Sulistyastuti, 2012) yang terdiri dari lima aspek yaitu cakupan, akses, akuntabilitas, service delivery dan kesesuaian program dengan kebutuhan. Lokasi penelitian adalah di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta dan beberapa instansi pengguna aplikasi SEMAR. Sumber data primer yang digunakan adalah hasil wawancara dengan informan yang berkaitan dan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi dam dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi SEMAR belum diimplementasikan secara optimal. Hasil analisis kelima aspek kinerja implementasi belum sepenuhnya dilaksanakan secara maksimal oleh Kantor Regional I BKN. Masih terdapat kekurangan pada aspek akses khususnya kemudahan dalam memahami prosedur pelayanan karena informasi terkait prosedur pelayanan tidak tersampaikan secara maksimal kepada para penggunanya serta sosialisasi yang belum dilakukan secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24114
Uncontrolled Keywords: Kinerja Implementasi, Pelayanan Publik, SEMAR
Subjects: C > C432 Civil service
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Husna Ladina Wijaya
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:31
Last Modified: 12 Feb 2024 07:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25774

Actions (login required)

View Item View Item