FITRIYANI, Bq Nilagetir (2017) Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur Serta Pada Dinas Pariwisata Lombok Timur (Studi Kasus Pada Event “Festival Kaliantan” Sebagai Sarana Promosi Wisata Pantai Kaliantan dan Pelestarian Budaya Daerah). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (66kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (232kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
PDF (BabII)
bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
PDF (BabIII)
bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (BabIV)
bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
daftar Pustaka_1.pdf Download (246kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui strategi komunikasi pemasaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur untuk mempromosikan dan melestarikan budaya daerah melalui event “Festival Kaliantan” serta mengetahui strategi komunikasi Dinas Pariwisata Lombok Timur dalam mempromosikan wisata Pantai Kaliantan pada event “Festival Kaliantan”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sehingga menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam melakukan promosi dan pelestarian budaya daerah yaitu dengan cara menampilkan kesenian-kesenian tradisional di Lombok Timur, serta melakukan berbagai berbagai macam aktivitas pemasaran seperti memasang baliho promosi di tepi jalan, melakukan kegiatan kehumasan seperti publikasi melalui media massa, membuat press release, dan melakukan tindakan lobbying dengan pihak stakeholder dan pemerintah daerah. Strategi yang dilakukan setiap tahunnya selama tiga tahun terakhir untuk promosi dan pelestarian budaya tidak jauh berbeda, namun pada tahun 2017 menambah fokus kegiatan dengan melibatkan sistem pendidikan sebagai sarana pelestarian budaya. Melalui event ini Dinas Pariwisata dapat mem-branding Pantai Kaliantan sebagai objek wisata budaya karena event Festival Kaliantan sebagai acara peringatan bau nyale menggunakan nama “Kaliantan” sebagai nama event, sehingga nama Pantai Kaliantan akan lebih mudah di ingat oleh masyarakat. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Promosi Budaya Daerah, Pelestarian Budaya Daerah, Promosi Wisata, Festival Kaliantan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17217 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Promosi Budaya Daerah, Pelestarian Budaya Daerah, Promosi Wisata, Festival Kaliantan. |
Subjects: | P > P624 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr Rohmadi Rohmadi |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 03:57 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 08:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2586 |
Actions (login required)
View Item |