Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Benchmarking Inovasi Pelayanan "Customer First" Untuk Organisasi Publik

NURUSYAHIDAH, Kamilia (2024) Benchmarking Inovasi Pelayanan "Customer First" Untuk Organisasi Publik. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Kamilia Nurusyahidah-F1B020078-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Kamilia Nurusyahidah-F1B020078-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Kamilia Nurusyahidah-F1B020078-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (679kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Kamilia Nurusyahidah-F1B020078-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2025.

Download (796kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Kamilia Nurusyahidah-F1B020078-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2025.

Download (910kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Kamilia Nurusyahidah-F1B020078-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2025.

Download (908kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Kamilia Nurusyahidah-F1B020078-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Kamilia Nurusyahidah-F1B020078-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (564kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Kamilia Nurusyahidah-F1B020078-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (892kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Kamilia Nurusyahidah-F1B020078-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Konsep New Public Management (NPM) membawa ide bahwa layanan sektor swasta dapat memberikan inspirasi dan prinsip-prinsip manajemen yang efektif untuk diterapkan di sektor publik. Faktor-faktor yang mendukung replikasi layanan sektor privat ke sektor publik dalam konteks NPM melibatkan upaya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan tujuan akhir meningkatkan kepuasan masyarakat dan mencapai hasil yang lebih baik dalam pelayanan publik. Layanan sektor swasta sering dianggap lebih efisien karena fokus pada pengurangan biaya dan peningkatan produktivitas. Konsep efisiensi diambil dari upaya untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang sering menjadi keunggulan sektor swasta. Di samping itu, orientasi pada pelanggan menciptakan landasan bagi penyediaan layanan publik yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. PT VWX merupakan perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang ritel dan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Dalam praktiknya, PT VWX telah memenuhi unsur-unsur penting pada teori New Public Management yang memiliki prinsip “customer first” di mana dalam kenyamanan dan kepercayaan pelanggan menjadi hal utama yang sangat diperhatikan. Inovasi pelayanan yang diterapkan oleh PT VWX perlu diadapatasi oleh organisasi publik terutama organisasi publik yang bergerak di bidang ekonomi seperti BUMN. Hal ini perlu diterapkan guna meningkatkan kualitas layanan publik yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24144
Uncontrolled Keywords: benchmarking, best practice, new public management, pelayanan
Subjects: C > C1020 Customer services
P > P623 Public
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Kamilia Nurusyahidah
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:28
Last Modified: 13 Feb 2024 07:28
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25944

Actions (login required)

View Item View Item