ALIWAFI, Muhammad Bagus (2024) The Effectiveness of Mini-Short Creative Drama as Learning Media to Improve Speaking Skill (Pre-Experimental Research on Eight Grade Students of SMP Negeri 1 Gandrungmangu in The Academic Year Of 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (cover)
COVER-Muhammad Bagus Aliwafi-J1E019043-Skripsi-2024.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Bagus Aliwafi-J1E019043-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Bagus Aliwafi-J1E019043-Skripsi-2024.pdf Download (200kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Bagus Aliwafi-J1E019043-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 February 2025. Download (228kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Bagus Aliwafi-J1E019043-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 February 2025. Download (237kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Bagus Aliwafi-J1E019043-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 19 February 2025. Download (268kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Bagus Aliwafi-J1E019043-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Bagus Aliwafi-J1E019043-Skripsi-2024.pdf Download (223kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Bagus Aliwafi-J1E019043-Skripsi-2024.pdf Download (261kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Bagus Aliwafi-J1E019043-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mini-short creative merupakan istilah dari drama kreatif dan drama pendek yang dipadukan dan menjadi media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini berfokus pada pengaruh mini-short creative drama sebagai pembelajaran berbasis proyek, keefektifan mini-short creative drama sebagai pembelajaran berbasis proyek, dan untuk mengetahui persepsi siswa ketika pembelajaran menggunakan mini short creative drama sebagai proyek. pembelajaran berbasis untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan menggunakan mini-short creative drama sebagai pembelajaran berbasis proyek, siswa meningkatkan keterampilan berbicara mereka melalui kefasihan, pengucapan, tata bahasa dan kosa kata. Penelitian ini menggunakan model penelitian Pra-eksperimental dengan tiga instrumen penelitian: tes, angket, dan observasi. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda berpasangan (paired-sample t-test) yang terdiri dari post-test dan pre-test. Pada setiap pre-test dan post-test terdapat empat aspek penilaian yaitu kelancaran, tata bahasa, pengucapan, dan kosa kata. Masing-masing hasil pada keempat aspek tersebut mempunyai tanda. (2-tailed) nilai 0,000. yang mana hipotesis alternatif (Ha) dari penelitian ini diterima. Kuesioner menggunakan skala penilaian satu sampai empat (sangat tidak setuju (1), tidak setuju (2), setuju (3), dan sangat setuju (4)). Hasil instrumen angket dibagi menjadi dua aspek yaitu pembelajaran berbasis proyek dan mini-short creative drama. Pada pembelajaran berbasis proyek, rata-rata SA+A sebesar 79% dan mini-short creative drama sebesar 78%. Observasi penelitian menggunakan pertanyaan tertutup. Dari hasil observasi dapat disimpulkan bahwa dari pertemuan satu sampai empat siswa sudah mengalami perkembangan terutama rasa percaya diri untuk menunjukkan unjuk kemampuan berbicaranya. Hasil tes, angket, dan observasi meyakinkan bahwa mini-short creative drama meningkatkan keterampilan berbicara siswa, namun siswa memerlukan waktu untuk membangun kepercayaan diri mereka. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian serupa terkait keterampilan berbicara siswa untuk membuat inovasi pembelajaran yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24050 |
Uncontrolled Keywords: | Learning media, mini drama, project-based learning, speaking skill |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Muhammad Bagus Aliwafi |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 01:23 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 01:23 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26060 |
Actions (login required)
View Item |