Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Wacana Pada Iklan Layanan Kesehatan Masyarakat Berbahasa Indonesia Di Televisi

TRESNOWATI, Tresnowati (2019) Analisis Wacana Pada Iklan Layanan Kesehatan Masyarakat Berbahasa Indonesia Di Televisi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Tresnowati-F1G013052-Skripsi-2019.pdf

Download (523kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tresnowati-F1G013052-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tresnowati-F1G013052-skripsi-2019.pdf

Download (654kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Tresnowati-F1G013052-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2025.

Download (670kB)
[img] PDF (BabII)
Bab-II-Tresnowati-F1G013052-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2025.

Download (734kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Tresnowati-F1G013052-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2025.

Download (693kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Tresnowati-F1G013052-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Tresnowati-F1G013052-Skripsi-2019.pdf

Download (660kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA- Tresnowati-F1G013052-Skripsi-2019.pdf

Download (653kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tresnowati-F1G013052-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Wacana Pada Iklan Layanan Kesehatan Masyarakat Berbahasa Indonesia di Televisi”. Permasalahan yang akan di bahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana unsur internal yang terdapat pada iklan layanan kesehatan masyarakat di televisi? (2) Bagaimana Unsur eksternal pada iklan layanan kesehatan masyarakat di televisi?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan unsur internal pada iklan layanan kesehatan masyarakat (2) Mendeskripsikan unsur eksternal pada iklan layanan kesehatan masyarakat. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan bahasa yang digunakan oleh iklan layanan kesehatan masyarakat berbahasa Indonesia di televisi. Data dalam penelitian ini berupa bahasa yang digunakan dalam iklan layanan kesehatan masyarakat. Sumber datanya diambil melalui tayangan iklan di televisi dengan menggunakan media lain, yaitu youtube. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak. Metode simak yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode simak bebas libat cakap. Teknik dasar yang dipakai adalah teknik sadap, sedangkan teknik lanjutan yang dipakai adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan. Metode padan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode padan pragmatis dan metode padan referensial. Penelitian ini menggunakan metode penyajian hasil analisis data secara informal. Hasil penelitian ini di temukan 9 bentuk klasifikasi kelas kata tertutup, yaitu: (1) kalimat interjektif, dan (2) Partikel, dan (3) Artikulus. Penelitian ini ditemukan 3 bentuk pronominal, yaitu: (1) Pronominal demontratifa, dan (2) Pronominal kata ganti orang pertama jamak. Penelitian ini ditemukan 2 reduplikasi morfologis. Penelitian ini ditemukan 4 akronimisasi. Penelitian iklan layanan kesehatan masyarakat berbahasa Indonesia di televisi ditemukan 7 inferensi, 5 presuposisi, 2 referensi anafora, 1 implikatur, 10 konteks wacana Hymes, dan 30 konteks wacana (Rani).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: JI9040
Uncontrolled Keywords: analisis wacana, layanan kesehatan masyarakat
Subjects: A > A74 Advertising
P > P630 Public health
S > S232 Services for
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr soiman soiman
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:15
Last Modified: 21 Mar 2024 07:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26456

Actions (login required)

View Item View Item