ZULFA, Zulfa (2024) Analisis Perbandingan Kemampuan Metakognitif, Minat, dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Unggulan MAN 2 Banyumas Sebelum dan Sesudah Digitalisasi Media Pembelajaran. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedriman.
PDF (Cover)
COVER-Zulfa-C1L020014-Skripsi-2024.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Zulfa-C1L020014-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Zulfa-C1L020014-Skripsi-2024.pdf Download (64kB) |
|
PDF (BABI)
BAB-I-Zulfa-C1L020014-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 April 2025. Download (97kB) |
|
PDF (BABII)
BAB-II-Zulfa-C1L020014-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 April 2025. Download (254kB) |
|
PDF (BABIII)
BAB-III-Zulfa-C1L020014-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 2 April 2025. Download (210kB) |
|
PDF (BABIV)
BAB-IV-Zulfa-C1L020014-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
PDF (BABV)
BAB-V-Zulfa-C1L020014-Skripsi-2024.pdf Download (61kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Zulfa-C1L020014-Skripsi-2024.pdf Download (225kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Zulfa-C1L020014-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis perbandingan kemampuan metakognitif, minat, dan keaktifan belajar siswa kelas unggulan atau kelas digital MA Negeri 2 Banyumas antara sebelum dan sesudah digitalisasi media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 di MA Negeri 2 Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif melalui pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X unggulan Riset dan Sains MA Negeri 2 Banyumas yang berjumlah 80 siswa sehingga teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling dengan sampel jenuh/sensus. Sumber data penelitian ini didapatkan dari kuesioner penelitian, database sekolah, buku, serta artikel atau jurnal ilmiah yang terpublikasi. Kuesioner penelitian disajikan dalam bentuk kuesioner tertutup menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu uji instrumen penelitian, uji normalitas, dan uji hipotesis. Data kuesioner penelitian ditransformasi menjadi data interval menggunakan Method of Successive Intervals (MSI) berbantuan Microsoft Excel, dan analisis data menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan metakognitif siswa kelas X unggulan MA Negeri 2 Banyumas antara sebelum dan sesudah digitalisasi media pembelajaran; (2) terdapat perbedaan minat belajar siswa kelas X unggulan MA Negeri 2 Banyumas antara sebelum dan sesudah digitalisasi media pembelajaran; (3) terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa kelas X unggulan MA Negeri 2 Banyumas antara sebelum dan sesudah digitalisasi media pembelajaran. Ketiga hasil analisis data tersebut diketahui juga bahwa: kemampuan metakognitif siswa kelas X unggulan setelah digitalisasi media pembelajaran meningkat sebesar 19%, minat belajar sebesar 37%, dan keaktifan belajar sebesar 31%. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan teknologi dalam pembelajaran memberikan manfaat dalam pengembangan kemampuan siswa untuk memahami, mengelola, dan mengendalikan proses belajar, memotivasi siswa untuk belajar dengan lebih bersemnagat, serta mendorong siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C24199 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Metakognitif, Minat Belajar, Keaktifan Belajar, Digitalisasi Media Pembelajaran |
Subjects: | D > D174 Digital electronics L > L89 Learning and scholarship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs. Zulfa Zulfa |
Date Deposited: | 02 Apr 2024 01:26 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 01:26 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26533 |
Actions (login required)
View Item |