ALAUDIN, Gholi (2024) Pengaruh Terpaan Iklan Big Sale Shopee Pada Platform Instagram Terhadap Budaya Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Gholi Alaudin-F1C020030-Skripsi-2024.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Gholi Alaudin-F1C020030-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Gholi Alaudin-F1C020030-Skripsi-2024.pdf Download (165kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Gholi Alaudin-F1C020030-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 8 May 2025. Download (354kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Gholi Alaudin-F1C020030-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 8 May 2025. Download (339kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Gholi Alaudin-F1C020030-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 8 May 2025. Download (296kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Gholi Alaudin-F1C020030-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Gholi Alaudin-F1C020030-Skripsi-2024.pdf Download (154kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Gholi Alaudin-F1C020030-Skripsi-2024.pdf Download (200kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Gholi Alaudin-F1C020030-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
Abstract
Penelian ini meneliti mengenai pengaruh terpaan iklan Big Sale Shopee pada platform Instagram terhadap Budaya Konsumtif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan iklan Big Sale Shopee pada platform Instagram terhadap Budaya Konsumtif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed. Penelitian ini datang dari fenomena Budaya Konsumtif pada golongan Gen Z(18-24 Tahun) khususnya pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dengan menyebarkan kuesioner menggunakan gform kepada 100 responden. Responden dipilih melalui kriteria-kriteria khusus yang telah ditentukan oleh peneliti, yakni Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed berusia 18-24 tahun yang pernah melihat iklan Big Sale Shopee pada platform Instagram dan pernah melakukan aktivitas pembelian pada periode Big Sale Shopee. Penelitian ini menggunakan Teori Stimulus Respons yang mempunyai asumsi bahwa kontak yang terjadi antara media terhadap individu akan menghasilkan efek dan pengaruh pada individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan korelasi yang sedang antara terpaan iklan Big Sale Shopee pada platform Instagram terhadap Budaya Konsumtif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed yang didasarkan pada nilai koefisien korelasi 0.431. terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan Big Sale Shopee pada platform Instagram terhadap Budaya Konsumtif Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed yang didasarkan pada nilai t hitung 4.731>1.663 t tabel. Berdasarkan dari semua hasil uji yang telah dilakukan, gagasan teori stimulus respons dapat dibuktikan benar melalui peneletian ini. Iklan Big Sale Shopee pada platform Instagram yang memberikan stimulus dapat memberikan efek berupa budaya konsumtif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24173 |
Uncontrolled Keywords: | Terpaan Iklan, Budaya Konsumtif, Teori Stimulus Respon |
Subjects: | A > A74 Advertising C > C795 Consumption Economics S > S769 Students |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr Gholi Alaudin |
Date Deposited: | 08 May 2024 01:33 |
Last Modified: | 08 May 2024 01:33 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26738 |
Actions (login required)
View Item |