JATI, Aulia Amung (2024) Using Matching Pictures to Improve Students’ Reading Coprehension on Descriptive Text (A Case Study on the Seventh Grade of SMP N 5 Satu Atap Rembang in the Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Aulia Amung Jati-J1E017035-Skripsi-2024.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aulia Amung Jati-J1E017035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRACT-Aulia Amung Jati-J1E017035-Skripsi-2024.pdf Download (265kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Aulia Amung Jati-J1E017035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 May 2025. Download (169kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Aulia Amung Jati-J1E017035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 May 2025. Download (190kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Aulia Amung Jati-J1E017035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 May 2025. Download (495kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Aulia Amung Jati-J1E017035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Aulia Amung Jati-J1E017035-Skripsi-2024.pdf Download (269kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aulia Amung Jati-J1E017035-Skripsi-2024.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aulia Amung Jati-J1E017035-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kemampuan pemahaman membaca siswa kelas tujuh. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman membaca siswa menggunakan Matching Pictures pada materi deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik total sampling. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas tujuh yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan memberikan pre-test, post-test dan melaksanakan observasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji t-test (Paired Sample t-test). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) hasil perhitungan menunjukan bahwa penggunaan matching pictures efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa pada materi deskriptif dimana skor rata-rata pada post-test (70.3) lebih tinggi dari skor pre-test (46.6). persentase peningkatannya adalah sebesar 50.8%, ini dapat dikatakan bahwa matching pictures efektif untuk digunakan. (2) Penerapan matching pictures berhasil diterapkan dalam pembelajaran teks deskriptif berdasarkan checklist observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan matching pictures efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa untuk teks deskriptif pada siswa kelas tujuh SMP N 5 Satu Atap Rembang. Gambar merupakan media yang sangat berguna untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan membaca mereka. Gambar mewakili sumber informasi non verbal yang membantu siswa memprediksi isi teks dan isi teks tersebut meyakinkan siswa tentang arti dan kosakatanya, sehingga hasilnya adalah siswa dapat menghasilkan makna dari kombinasi teks dan gambar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24094 |
Uncontrolled Keywords: | descriptive text, matching pictures, reading comprehension |
Subjects: | R > R99 Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Aulia Amung Jati |
Date Deposited: | 14 May 2024 06:58 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:48 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26801 |
Actions (login required)
View Item |