Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Budaya Konsumerisme dalam Iklan GoSend Edisi #BMKarenaGoSend (Sebuah Kajian Semiotika)

FADHILA, Nindy Fauzida (2024) Budaya Konsumerisme dalam Iklan GoSend Edisi #BMKarenaGoSend (Sebuah Kajian Semiotika). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nindy Fauzida Fadhila-F1C020071-Skripsi-2024.pdf

Download (249kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nindy Fauzida Fadhila-F1C020071-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nindy Fauzida Fadhila-F1C020071-Skripsi-2024.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-1-Nindy Fauzida Fadhila-F1C020071-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-2-Nindy Fauzida Fadhila-F1C020071-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2025.

Download (227kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-3-Nindy Fauzida Fadhila-F1C020071-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2025.

Download (148kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-4-Nindy Fauzida Fadhila-F1C020071-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-5-Nindy Fauzida Fadhila-F1C020071-Skripsi-2024.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nindy Fauzida Fadhila-F1C020071-Skripsi-2024.pdf

Download (158kB)

Abstract

Iklan GoSend edisi #BMKarenaGoSend yang merupakan iklan dari layanan jasa pengiriman instan dari platform digital Gojek, yang diperankan oleh Ariel Noah ini memiliki konsep komedi tetapi tetap mempertahankan sosok Ariel Noah yang kharismatik. Pada iklan tersebut Ariel digambarkan sebagai seseorang yang gemar belanja online karena terdapat banyak promo ongkir dan kemudahan layanan dari GoSend. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengkaji tanda-tanda terkait representasi budaya konsumerisme dalam iklan GoSend edisi #BMKarenaGoSend menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes yang terdiri dari analisis makna denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian ini, yakni pada tahapan denotasi menunjukkan bahwa Ariel adalah seorang yang gemar berbelanja barang-barang unik secara terus menerus dengan menggunakan layanan pengiriman dari GoSend. Kemudian, perilaku-perilaku yang dilakukan Ariel pada iklan tersebut cenderung berkonotasi bahwa tindakan konsumsi tersebut kurang dapat dirasionalisasikan alasan pembeliannya, bukan untuk memenuhi kebutuhan melainkan didorong oleh promo yang ditawarkan GoSend, yang akhirnya menyebabkan pembelian yang berlebihan. Melalui pemaknaan denotasi dan konotasi menghadirkan sebuah mitos yang berkembang di masyarakat bahwa kehadiran public figure dalam iklan GoSend edisi #BMKarenaGoSend memperlihatkan kebiasaan masyarakat yang cenderung mengikuti dan membeli barang-barang yang dipakai oleh idolanya hanya karena faktor rasa kagum mereka terhadap public figure tersebut. Kemudian, di era digital ini iklan GoSend edisi #BMKarenaGoSend menunjukkan bahwa laki-laki juga gemar belanja online. Selanjutnya, irasionalitas dalam perilaku konsumsi didorong promo dan kemudahan akses yang diberikan GoSend, serta mitos yang terakhir adalah berbelanja sebagai upaya pemenuhan akan self-esteem. Berdasarkan analisis semiotika Barthes serta ditinjau melalui indikator-indikator perilaku konsumtif, perilaku-perilaku Ariel dalam iklan GoSend edisi #BMKarenaGoSend merupakan bentuk representasi dan perwujudan budaya konsumerisme, khususnya konsumerisme di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F24179
Uncontrolled Keywords: Representasi, Konsumerisme, Semiotika Roland Barthes
Subjects: A > A74 Advertising
S > S210 Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Nindy Fauzida Fadhila
Date Deposited: 13 May 2024 06:17
Last Modified: 13 May 2024 06:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26809

Actions (login required)

View Item View Item