UMAMMY, Fadhillatus Sa'diyatul (2024) Kualitas Layanan Aplikasi Access by KAI oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Studi Kasus di Stasiun Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Fadhillatus Sa'diyatul Umammy-F1B020023-Skripsi-2024.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fadhillatus Sa'diyatul Umammy-F1B020023-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fadhillatus Sa'diyatul Umammy-F1B020023-Skripsi-2024.pdf Download (113kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fadhillatus Sa'diyatul Umammy-F1B020023-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 May 2025. Download (177kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fadhillatus Sa'diyatul Umammy-F1B020023-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 May 2025. Download (297kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fadhillatus Sa'diyatul Umammy-F1B020023-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 14 May 2025. Download (190kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fadhillatus Sa'diyatul Umammy-F1B020023-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fadhillatus Sa'diyatul Umammy-F1B020023-Skripsi-2024.pdf Download (107kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fadhillatus Sa'diyatul Umammy-F1B020023-Skripsi-2024.pdf Download (263kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fadhillatus Sa'diyatul Umammy-F1B020023-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan industri teknologi yang begitu pesat saat ini memberi dampak besar pada berbagai aspek kehidupan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bermasyarakat memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang biasa disebut dengan e-government adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, aparatur sipil negara, pelaku bisnis, masyarakat, dan pihak-pihak lainnya. E-government yang diupayakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) disajikan dalam bentuk aplikasi yaitu Access by KAI. Aplikasi Access by KAI dibuat untuk memudahkan pelanggan dalam proses pembelian tiket kereta api. Aplikasi Access by KAI merupakan sebuah aplikasi yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya dengan beberapa fitur terbaru yang diberikan, namun masih ada beberapa kekurangan dalam aplikasi tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang Bagaimana Kualitas Layanan Aplikasi Access by KAI Oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Studi Kasus Di Stasiun Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian berada di Stasiun Purwokerto. Fokus penelitian menggunakan teori kualitas layanan e-government oleh Papadomichelaki dan Mentzas tahun 2012 dengan indikator reliability, ease of use, trust, content and appearance of information, citizen support, functionality of the interaction environment. Teknik pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam hal ini informan penelitian yaitu petugas di Stasiun Purwokerto antara lain Customer Service Stasiun Purwokerto, dan kondektur Service on Train Purwokerto yang secara langsung berhubungan dengan pelanggan kereta api dan juga menggunakan teknik accidental sampling dengan informan masyarakat yang peneliti temui secara langsung baik di Stasiun Purwokerto maupun di dalam kereta api dengan kriteria pengguna layanan aplikasi Access by KAI dan berusia di atas 17 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan aplikasi Access by KAI oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah cukup baik dan dapat diterima oleh pelanggan, karena banyak kemudahan yang didapatkan ketika pelanggan menggunakan aplikasi ini, namun perlu ada peningkatan layanan pada aplikasi terutama dalam aspek ease of use karena masih kurangnya fasilitas di stasiun agar semua kalangan dapat mengakses aplikasi Access by KAI walaupun dengan bantuan pegawai, selanjutnya pada aspek reliability karena masih terdapat berbagai permasalahan dalam aplikasi Access by KAI yang perlu dijadikan evaluasi bagi PT Kereta Api Indoneisa (Persero) sendiri, dan yang terakhir pada aspek funcionality of the interaction environment juga perlu di perbaiki karena masih belum terdapat wadah bagi masyarakat untuk memberikan kritik dan saran terhadap aplikasi Access by KAI, padahal dengan adanya kritik dan saran dari masyarakat bagian yang sangat empiris karena dianggap sebagai kepercayaan pengguna pada aplikasi dimasa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F24187 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, E-government, Access by KAI |
Subjects: | S > S231 Service stations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mrs. Fadhillatus Sa'diyatul Umammy |
Date Deposited: | 14 May 2024 08:43 |
Last Modified: | 14 May 2024 08:43 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/26882 |
Actions (login required)
View Item |