INAYATI, Dhini (2024) Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar BIPA Sahabatku Indonesia Tingkat A2 Terbitan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud tahun 2016. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dhini Inayati-J1D019021-Skripsi 2024.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEMBAR LEGALITAS-Dhini Inayati-J1D019021-Skripsi 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dhini Inayati-J1D019021-Skripsi 2024.pdf Download (187kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Dhini Inayati-J1D019021-Skripsi 2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2025. Download (168kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Dhini Inayati-J1D019021-Skripsi 2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2025. Download (204kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Dhini Inayati-J1D019021-Skripsi 2024.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2025. Download (163kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Dhini Inayati-J1D019021-Skripsi 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Dhini Inayati-J1D019021-Skripsi 2024.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dhini Inayati-J1D019021-Skripsi 2024.pdf Download (154kB) |
Abstract
Buku ajar merupakan sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Sama halnya dengan pembelajaran di sekolah, pembelajaran BIPA juga memerlukan buku ajar untuk digunakan. Buku ajar tersebut juga harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan agar nantinya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan isi dari buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia Tingkat A2 Terbitan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud tahun 2016. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan data berupa materi yang terdapat di buku ajar Sahabatku Indonesia Tingkat A2. Teknik pengumpulan data, yaitu dengan mereduksi data pada buku tersebut kemudian disinkronisasi dengan instrumen berupa skala yang diadaptasi dari Permendikbud Nomor 27 Tahun 2017. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis mengalir (Flow Analysis Models). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar ini mendapat skor kelayakan isi 9,18. Skor ini termasuk ke dalam kategori Baik Sekali (BS). Berdasarkan skor ini dapat disimpulkan, bahwa buku ini masih layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran BIPA A2, meskipun dari segi kelayakn isinya tidak mendapat skor sempurna. Di sisi lain, penggunaan buku ajar ini perlu didukung sumber belajar yang lain agar kegiatan pembelajaran dapat lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24104 |
Uncontrolled Keywords: | BIPA, buku ajar, kelayakan isi |
Subjects: | B > B278 Book reviews S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs. Dhini Inayati |
Date Deposited: | 16 May 2024 08:06 |
Last Modified: | 16 May 2024 08:06 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27038 |
Actions (login required)
View Item |