Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

A Descriptive Research on The Affecting Factors of The Difficulties of Senior High School Students in Writing Narrative Texts of SMAN 1 Purbalingga Academic Year 2023/2024

HANUN, Aliyah (2024) A Descriptive Research on The Affecting Factors of The Difficulties of Senior High School Students in Writing Narrative Texts of SMAN 1 Purbalingga Academic Year 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2025.

Download (228kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2025.

Download (271kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2025.

Download (239kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf

Download (227kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)

Abstract

Sebuah observasi pendahuluan mengungkap bahwa siswa SMAN 1 Purbalingga mengalami beberapa masalah dalam hal kosakata dan minat mereka terhadap bahasa Inggris. Situasi ini mempengaruhi penguasaan mereka dalam menulis teks naratif. Hal ini, pada kenyataannya, memberikan kesempatan untuk melakukan penelitian terhadap masalah yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan hambatan yang dihadapi siswa dalam menulis teks naratif, faktor- faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan mereka, dan cara mereka mengatasi kesulitan tersebut. Metode kualitatif, dengan menggunakan desain kualitatif deskriptif, diterapkan untuk mewujudkan investigasi ini. Dari 288 siswa di kelas 10-1, 25 siswa direkrut secara purposif sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan serangkaian wawancara. Teknik analisis kualitatif deskriptif Creswell (2015) diterapkan untuk menganalisis data yang terkumpul. Hasil penelitian mengungkap hambatan siswa dalam menulis teks naratif, yang meliputi 355 kesalahan: 58,03% penggunaan bahasa, 9,58% kosakata, 30,99% mekanik, 0,85% organisasi, dan 0,56% konten. Temuan ini juga menunjukkan beberapa penyebab kesulitan siswa dalam menulis teks naratif, termasuk kurangnya pengetahuan tentang struktur teks naratif, keterbatasan tata bahasa dan kosakata, serta kurangnya minat. Meskipun menghadapi kesulitan, para siswa tampaknya telah menerapkan sejumlah strategi untuk mengatasi kesulitan yang dimaksud, yaitu membaca teks fiksi dan nonfiksi, mendengarkan musik, menonton film, berlatih menulis, melatih motivasi diri, serta serta mengoptimalkan peran guru dalam mendukung siswa. Disarankan agar guru bahasa Inggris memperkuat siswanya agar lebih terpapar bahasa Inggris dengan bantuan teknologi. Memberikan instruksi kelas yang menyenangkan dengan menggunakan media seperti lagu atau film juga patut dipuji demi memperkaya pengetahuan kosa kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J24114
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, faktor kesulitan, teks narasi, tulisan
Subjects: E > E312 English language Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Aliyah Hanun
Date Deposited: 20 May 2024 06:28
Last Modified: 20 May 2024 06:28
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27153

Actions (login required)

View Item View Item