HANUN, Aliyah (2024) A Descriptive Research on The Affecting Factors of The Difficulties of Senior High School Students in Writing Narrative Texts of SMAN 1 Purbalingga Academic Year 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf Download (215kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 May 2025. Download (228kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 May 2025. Download (271kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 20 May 2025. Download (239kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf Download (103kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf Download (227kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aliyah Hanun-J1E019051-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
Abstract
Sebuah observasi pendahuluan mengungkap bahwa siswa SMAN 1 Purbalingga mengalami beberapa masalah dalam hal kosakata dan minat mereka terhadap bahasa Inggris. Situasi ini mempengaruhi penguasaan mereka dalam menulis teks naratif. Hal ini, pada kenyataannya, memberikan kesempatan untuk melakukan penelitian terhadap masalah yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan hambatan yang dihadapi siswa dalam menulis teks naratif, faktor- faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan mereka, dan cara mereka mengatasi kesulitan tersebut. Metode kualitatif, dengan menggunakan desain kualitatif deskriptif, diterapkan untuk mewujudkan investigasi ini. Dari 288 siswa di kelas 10-1, 25 siswa direkrut secara purposif sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan serangkaian wawancara. Teknik analisis kualitatif deskriptif Creswell (2015) diterapkan untuk menganalisis data yang terkumpul. Hasil penelitian mengungkap hambatan siswa dalam menulis teks naratif, yang meliputi 355 kesalahan: 58,03% penggunaan bahasa, 9,58% kosakata, 30,99% mekanik, 0,85% organisasi, dan 0,56% konten. Temuan ini juga menunjukkan beberapa penyebab kesulitan siswa dalam menulis teks naratif, termasuk kurangnya pengetahuan tentang struktur teks naratif, keterbatasan tata bahasa dan kosakata, serta kurangnya minat. Meskipun menghadapi kesulitan, para siswa tampaknya telah menerapkan sejumlah strategi untuk mengatasi kesulitan yang dimaksud, yaitu membaca teks fiksi dan nonfiksi, mendengarkan musik, menonton film, berlatih menulis, melatih motivasi diri, serta serta mengoptimalkan peran guru dalam mendukung siswa. Disarankan agar guru bahasa Inggris memperkuat siswanya agar lebih terpapar bahasa Inggris dengan bantuan teknologi. Memberikan instruksi kelas yang menyenangkan dengan menggunakan media seperti lagu atau film juga patut dipuji demi memperkaya pengetahuan kosa kata
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J24114 |
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan, faktor kesulitan, teks narasi, tulisan |
Subjects: | E > E312 English language Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs Aliyah Hanun |
Date Deposited: | 20 May 2024 06:28 |
Last Modified: | 20 May 2024 06:28 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27153 |
Actions (login required)
View Item |