Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Rancangan Perbaikan Kualitas Pelayanan Kesehatan Menggunakan Metode SERVQUAL, Importance Performance Analysis, dan Quality Function Deployment pada Klinik Pratama Soedirman

ANANDA, Orlianita (2024) Rancangan Perbaikan Kualitas Pelayanan Kesehatan Menggunakan Metode SERVQUAL, Importance Performance Analysis, dan Quality Function Deployment pada Klinik Pratama Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2025.

Download (272kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2025.

Download (651kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2025.

Download (442kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2025.

Download (506kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] PDF (BabVI)
BAB-VI--Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf

Download (245kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Orlianita Ananda-H1E020035-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstract

Kepuasan pelanggan menggambarkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan. Klinik Pratama Soedirman merupakan klinik rawat jalan yang merupakan pusat pelayanan kesehatan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang berada di bawah badan pengelola bisnis Unsoed. Berdasarkan jumlah keluhan yang dilihat dari ulasan platform Google Maps pada Klinik Pratama Soedirman, sebanyak 56% pelanggan menyatakan pelayanan yang diberikan klinik kurang memuaskan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan Klinik Pratama Soedirman agar dapat memenuhi harapan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan di Klinik Pratama Soedirman, mengetahui atribut pelayanan di Klinik Pratama Soedirman yang perlu dijadikan prioritas perbaikan, dan merancang usulan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Klinik Pratama Soedirman dengan menggunakan integrasi metode Service Quality (SERVQUAL), Importance Performance Analysis (IPA), dan Quality Function Deployment (QFD). Hasil analisis menggunakan metode SERVQUAL menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan Klinik Pratama Soedirman belum mampu memenuhi harapan pasien hal ini dibuktikan dengan nilai gap seluruh atribut pelayanan memiliki nilai rata-rata sebesar -0,44. Terdapat 3 atribut yang menjadi prioritas perbaikan berdasarkan analisis dengan metode Importance Performance Analysis yaitu atribut kebersihan dan kelengkapan alat medis, ketersediaan dokter, dan jadwal pemeriksaan sesuai dengan janji. Berdasarkan hasil analisis dengan metode Quality Function Deployment diperoleh rekomendasi yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan Klinik Pratama Soedirman yaitu mengimplementasikan sistem manajemen terintegrasi, melakukan pengelolaan alat medis, dan melakukan penilaian kinerja dokter dan staf klinik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H24162
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Importance Performance Analysis, Quality Function Deployment
Subjects: C > C1020 Customer services
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mrs Orlianita Ananda
Date Deposited: 22 May 2024 01:01
Last Modified: 22 May 2024 01:01
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27280

Actions (login required)

View Item View Item